Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

Pemerintah Indonesia sedang mengupayakan vaksinasi Covid-19 di seluruh pelosok tanah air. Bagi yang sudah melakukan waksin, pemerintah memberikan sertifikat sebagai tanda bukti. Saat ini sertifikat vaksin ini tengah menjadi salah satu syarat untuk melakukan berbagai hal, salah satunya menaiki beberapa modal transportasi. Bagaimana sih cara cek sertifikat vaksin covid-19 ?

Menurut Satgas,jika warga sudah melakukan vaksinasi covid-19 maka akan secara otomatis terdaftar pada sistem PeduliLindungi. Dan akan mendapatkan sertifikat vaksin tersebut. Keberadaan sertifikat ini memang tengah dibutuhkan saat sekarang untuk melakukan beberapa hal. Berikut ini SimakTekno rangkumkan cara mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin dengan mudah.

Cara Mengecek Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

PeduliLindungi diluncurkan pemerintah sebagai center data vaksinasi covid-19 di Indonesia. Setiap warga yang telah melakukan vaksinasi bisa melihat treckingnya di situs PeduliLindungi. Situs ini juga sudah meluncurkan aplikasinya yang bisa didownload di smartphone, untuk memudahkan pengguna dalam mengakses. Untuk melihat dan mendownload sertifikat vaksin melalui aplikasi bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, pastikan pengguna sudah mendownload aplikasi PeduliLindungi di App Store ataupun Play Store. Kemudian memasangnya di ponsel
  • Kedua, buka aplikasi dan izinkan akses lokasi, penyimpanan, serta kamera
  • Ketiga, pengguna akan diarahkan untuk membuat akun dengan mengisi kolom nama, nomor handphone, serta nomor KTP (NIK)
  • Keempat, login menggunakan nomor handphone yang sudah didaftarkan
  • Kelima, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang didaftarkan untuk verivikasi.
  • Keenam, setelah berhasil untuk login, pengguna bisa klik profil pada pojok kanan atas
  • Selanjutnya, pilih ‘Sertifikat Vaksin’. Kemudian sistem akan menampilkan sertifikat vaksin yang dimiliki.

Untuk mendownload sertifikat vaksin bisa dengan mengklik salah satu sertifikat, kemudian klik ‘Unduh Sertifikat’.

Simak juga :  Apa Itu NFT Dan Cara Kerjanya

Selain itu, sertifikat vaksin juga bisa dicek melalui aplikasi Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, DANA, Livin’by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja, JAKI, Loket.com, BNI Mobile, MCash, Shoppe.

Cara Cek Seritifikat Vaksin Covid-19 Tanpa Aplikasi

Bagi yang ingin mengecek sertifikat vaksinnya tanpa mendownload aplikasi bisa langsung mengjungi situs PeduliLindungi. Berikut langkah-langkahnya

  • Pertama, kunjungi web PeduliLindungi
  • Kedua, klik Login/Register. Bagi yang sudah memiliki akun bisa masuk dengan nomor handphone yang terdaftar atau email. Bagi yang belum maka klik ‘Daftar’ kemudian isikan kolom nama, nomor handphone atau alamat email, ceklis boks dan klik ‘Daftar’.
  • Ketiga, klik nama akun pada pojok kanan atas layar dan klik ‘Sertifikat Vaksin’
  • Selanjutnya, tekan ‘Nama Pengguna’. Dan sistem akan menampilkan sertivikat vaksin dengan jumlah dosis yang diterima.

Untuk mengunduh sertifikat vaksin tersebut, tekan pada file yang diinginkan. Kemudian tekan tombol ‘Unduh Sertifikat’ dan tunggu sampai file selesai di download.

Menurut Satgas sertifikat bisa langsung muncul setelah melakukan vaksinasi. Namun jika belum muncul bisa ditunggu sampai 7-10 hari setelah vaksin. Bagaimana kalau sertifikat belum muncul juga ? Bisa menghubungi Call Center di 119 extension 9. Lebih baik tidak mengumbar sertifikat kepada sembarang orang, karena di dalamnya terdapat data pribadi yang penting yang mungkin saja bisa disalahgunakan.

Itulah beberapa Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 yang bisa SimakTekno rangkum. Selamat Mencoba !!