Below Header Banner Area

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Maun tau Bagaimana Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis ? -Kemajuan teknologi juga mempengaruhi berbagai sektor kehidupan lainnya, termasuk bisnis. Munculnya berbagai situs berbagi digital, membuat para pebisnis juga tidak melewatkan untuk memanfaatkannya.

Banyak pengguna yang menjadikan media sosial sebagai sarana marketing yang bisa menjangkau konsumen lebih luas. Tidak ketinggalan, WhatsApp juga akhirnya merilis versi WhatsApp Bisnis-nya. Dengan adanya WhatsApp Bisnis ini bisa menjadi sarana penghubung antara produsen dan konsumen dalam bertransaksi.

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Apa itu WhatsApp Bisnis ?

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh WhatsApp untuk pemilih usaha. Aplikasi ini muncul sejak tahun 2018, dengan tujuan untuk membuat pemilik bisnis menjadi lebih nyaman dalam berhubungan dengan para konsumennya. Namun apa perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp biasa ?

Pada tampilan muka, WA bisnis dan WA biasa hampir sama, hanya saja WhatsApp Bisnis memiliki sejumlah fitur tambahan seperti, laporan statistik, membuat pesan otomatis, membuat daftar siaran. Untuk bisa membuat akun WhatsApp bisnis, pengguna harus mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis di Playstore atupun Appstore.

Bagaimana Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis ?

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat akun, yaitu pastikan sudah menginstall WhatsApp Bisnis di ponsel yang digunaka.
  2. Kemudian daftarkan nomor handphone yang di khususkan untuk bisnis. Hal ini supaya mempermudah verifikasi dan juga menghindari urusan bisnis dengan urusan pribadi.
  3. Setelah mendaftarkan dan memverifikasi nomor handphone, pengguna sudah bisa melengkapi profil akun WA bisnisnya. Pastikan informasi yang dimasukkan sesuai dengan bisnis yang dijalankan, karena nantinya nama tidak bisa dirubah. Untuk mengaturnya pengguna bisa masuk ke menu ‘Pengaturan’ >> ‘Pengaturan Bisnis’ >> ‘Profil’.
Simak juga :  Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Ada banyak fitur yang bisa digunakan pengguna WhatsApp Bisnis. Diantaranya, Pesan otomatis, Katalog, dll.

Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis memiliki tiga jenis pesan otomatis yang berbeda, yaitu Greeting Message, Away Message, Quick Message.

  • Greeting Message merupakan fitur balas otomatis saat pelanggan baru pertama kali menghubungi akun bisinis tersebut.
  • Away Message merupakan fitur balas pesan otomatis saat pelanggan menghubungi akun bisnis di luar jam kerja atau bisnis sedang libur.
  • Quick Replies merupakan fitur yang bisa digunakan untuk membuat teks balasan untuk hal yang sering ditanyakan.

Untuk cara membuat pesan otomatis pengguna akun bisnis bisa mengaksesnya di menu Setting >> Business settings >> Messaging tools

Katalog WhatsApp Bisnis

Selain fitur pesan otomatis, juga terdapat fitur katalog yang bisa dimanfaatkan pengguna akun bisnis untuk menampilkan produk-produknya. Fitur ini berfungsi sebagai etalase sebuah toko yang bisa dilihat oleh konsumen.

Untuk membuat katalog WhatsApp Bisnis, pengguna bisa mengaksesnya di menu ‘Setting’ kemudian pilih ‘Business settings’ dan pilih ‘Catalog’. Penguna bisa memasukkan foto produk beserta deskripsi atau keterangnya.

Fitur ini bisa menyimpan foto sampai 500 foto produk. Selain kedua fitur diatas, ada satu fitur lagi yang bisa dinikmati pengguna WhatsApp Bisnis.

Label WhatsApp Bisnis

Label merupakan salah satu fitur di WA bisnis yang memungkinkan pemilik bisnis untuk memberikan tanda ke chat tertentu. Misalnya, ada konsumen yang belum melakukan pembayaran, maka pengguna WhatsApp Bisnis bisa memberikan sebuah tanda pada chat tersebut.

Cara membuat label pada WhatsApp Bisnis cukup mudah, tap dan tahan chat yang ingin diberikan label. Selanjutnya tap ‘Label’ pada deretan menu di atas layar ponsel. Pengguna juga bisa menambahkan label baru.

Simak juga :  Fitur Baru di DM Instagram

Dengan adanya aplikasi WhatsApp Bisnis, pemilik usaha bisa memaksimalkan pelayanan terhadap konsumennya.

Baca Juga : Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah

Demikianlah Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis yang bisa SimakTekno jabarkan. Selamat mencoba!