Cara Membuat Rapat Baru di Google Meet

Banyak aplikasi yang saat ini bisa digunakan untuk melakukan rapat online, salah satunya Google Meet. Ditengah masa pandemi seperti sekarang, melakukan rapat online sudah menjadi aktivitas rutin tersendiri. Lalu bagaimana cara membuat rapat baru di Google Meet ?

Saat ini kegiatan rapat online ataupun belajar online sudah menjadi aktivitas rutin bagi para pekerja ataupun para siswa dan mahasiswa. Karena adanya pandemi ini banyak pihak yang melakukan kegiatannya dari rumah, oleh sebab itu muncul berbagai aplikasi yang menawarkan untuk kemudahan dalam melakukan virtual meeting.

Cara Membuat Rapat Baru di Google Meet

Apa itu Google Meet ?

Google Meet sendiri diluncurkan sejak Maret 2017 dengan tujuan utama sebagai layanan untuk konferensi vidoe ramah yang menjadi penerus Hangouts Meet. Layanan ini bisa digunakan secara gratis oleh pengguna yang memiliki akun Google.

Aplikasi ini memiliki limit peserta maksimal 100 peserta dengan waktu maksimal 60 menit. Banyak yang lebih menggunakan layanan ini karena lebih praktis dan mudah. Google Meet juga menawarkan berbagai macam fitur di dalamnya yang semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan virtual meeting.

Fitur-Fitur dari Google Meet

Cross Domain Live Streaming

Cross domain live streaming merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyiarkan video rapat tersebut menjadi live stream. Hal tersebut membuat akun tersebut mengizinkan orang yang dalam satu organisasi dapat menonton video tersebut, dengan jumlah limit mencapai seratus ribu penonton.

Add Caption to Livestreams

Add caption to livestrams merupakan fitur yang disediakan oleh Google Workspace untuk memudahkan komunikasi dengan penonton apabila suara tidak terdengar dengan jelas.

Google Meet Recording

Fitur Google Meet Recording hanya bisa digunakan pada pengguna yang memiliki Lincense Student Education Plus. Dengan mengaktifkan fitur ini maka siswa bisa merekam video pengajar untuk digunakan mengevaluasi di kemudian hari.

Simak juga :  2 Cara Repost Instagram Untuk Foto, Video dan InstaStory Dengan Mudah

Raise Hand

Raise Hand merupakan fitur yang bisa memberi intruksi angkat tangan. Fitur ini biasanya digunakan untuk peserta rapat yang ingin mengutarakan pendapatnya.

Admin Setting for Joining Meeting

Fitur ini memberikan kekuasaan penuh pada pemuat rapat untuk menyetujui pesrerta rapat yang ingin masuk.

Itu dia fitur-fitur yang ada di dalam Google Meet. Trus bagaimana cara menggunakan layanan Google Meet ?

Cara Membuat Meeting di Google Meet

Pengguna bisa membuat meeting di smartphone ataupun komputer. Saat digunakan di smartphone pastikan sudah menginstall aplikasi Google Meet terlebih dahulu.

Membuat rapat di google meet

  • Membuat Rapat Google Meet di Hp

Setelah menginstall dan login dengan akun Google yang dimilik, langkah berikutnya yaitu pilih ‘menu rapat baru’. Kemudian olih rapat instan (jika ingin membuat rapat langsung ) atau jadwalkan rapat (untuk mengatur rapat keesokan hari ). Selanjutnya copy link dan bagikan ke calon peserta rapat.

  • Membuat Rapat

    Google Meet di komputer

  1. Pertama, buka browser pada komputer yang digunakan dan ketik Google Meet
  2. Kedua, masuk ke akun Google yang sudah dimiliki
  3. Ketiga, pilih rapat baru. Kemudian rapat instan atau buat rapat untuk nanti
  4. Keempat, copy link dan bagikan ke calon peserta rapat

Kelebihan Google Meet dibangingkan dengan aplikasi virtual meeting lainnya, yaitu karena tampilan muka yang friendly sehingga mudah untuk dioperasikan. Selain itu layanan ini tersambung langsung dengan akun Google, sehingga akan mempermudah penggunaannya. Aplikasi Google Meet juga terbilang ringan di ponsel.

Baca Juga : Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Demikianlah Cara Membuat Rapat Baru di Google Meet beserta fitur yang ada di dalamnya.

List Konten :