Cara Mengaktifkan VPN di Laptop dan HP

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop dan HP

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop dan HP Untuk Keamanan Internet – VPN saat ini sudah cukup banyak dikenal dan digunakan oleh pengguna gadget baik laptop atau pengguna smartphone. Selain untuk keperluan keamanan ketika sedang online di internet, VPN juga sering digunakan untuk mengakses situs yang diblokir misalnya saja seperti Netflix, Streaming Film dan lainnya.

VPN merupakan sebuah metode koneksi data antara jaringan yang terhubung secara private di internet. Nantinya data akan melalui tunnel VPN yang kemudian akan di enkripsi ketika proses pengiriman data.

Nah jika kamu masih penasaran dan belum tahu manfaat serta bagaimana cara menggunakan VPN baik di laptop atau HP. Maka pada tips kali ini SimakTekno akan memberikan informasi yang bisa kamu simak.

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop dan HP

Ada beberapa cara menggunakan VPN yang bisa coba dilakukan untuk mengaktifkan VPN ketika internetan. Diantaranya menggunakan aplikasi VPN, dan melakukan setup VPN sendiri melalui pengaturan jaringan yang sudah disediakan pada perangkat.

Sebelum masuk lebih lanjut mengenai cara menggunakan VPN di laptop atau ponsel. Tidak ada salahnya kamu juga perlu mengetahui manfaat dan kelebihan menggunakan VPN ketika internetan.

VPN bisa memberikan privasi dan keamanan informasi pribadi yang dikirimkan melalui internet. Misalnya saja dengan menggunakan VPN data dan riwayat broswing kamu tidak akan mudah dilacak oleh penyedia ISP dari layanan internet yang kamu gunakan.

VPN juga bisa meningkatkan keamanan data ketikan terhubung ke internet. Misalnya saja jika kamu sedang menggunakan jaringan WiFi public yang banyak tersedia secara gratis di caffee atau co-working space. Biasanya jaringan WiFi public seperti ini tidak dienkripsi, sehingga bisa dengan mudah dibobol oleh peretas.

Selain untuk kemanan data seperti diatas, pengguna gadget menggunakan VPN juga agar bisa mengakses konten, media sosial atau situs yang diblokir. Contohnya saja seperti beberapa waktu lalu dimana Facebook dan WhatsApp dibatasi aksesnya dan hanya bisa digunakan lancar ketika mengaktifkan VPN saja.

Bagi kalian yang masih awan dan ingin menggunakan VPN, tentu akan lebih mudah jika langsung menggunakan aplikasi VPN. Sebab kamu tidak perlu repot dan pusing untuk melakukan konfigurasi jaringan.

Cara Menggunakan VPN Via Aplikasi

Saat ini sudah banyak sekali jenis aplikasi VPN yang tersedia baik versi gratis dan versi premium / berbayar. Untuk mengaktifkan VPN di Laptop ataupun di ponsel, kamu hanya perlu mendownload aplikasi VPN kemudian menginstalnya.

Ada banyak jenis aplikasi VPN untuk PC desktop atau HP yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Namun jika kamu ingin mendaptkan performa dan kecepatan internet yang lebih stabil kamu bisa membeli VPN premium.

Beberapa jenis aplikasi VPN yang sudah cukup populer dan sering digunakan seperti Tunelbear, ExpressVPN, Nord VPN, Avira Phantom VPN dan masih ada beberapa lainnya. Silahkan kamu coba pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Setting VPN PPTP Client di Windows 7

Buat kalian yang ingin menggunakan VPN PPTP Client di Windows 7 ada beberapa hal yang harus diketahui. Diantaranya seperti laptop kamu sudah terhubung ke internet dan periksa port 47 pada laptop kalian sudah terbuka.

Jika hal diatas sudah terpenuhi, silahkan simak langkah-langkah mengaktifkan VPN PPTP Client berikut ini.

  • Masuk ke Control Panel selanjutnya masuk ke menu Network and Internet lalu masuk ke Network and Sharing Center
  • Pada opsi yang tersedia silahkan pilih Set up a new connection or network
  • Selanjutnya Connect to a workplace, kemudian klik Next
  • Berikutnya Klik No, create a new connection, kemudian klik Next
  • Lalu klik Use my Internet connection (VPN)
  • Silahkan kamu isikan Internet address dari penyedia layanan VPN dan Destination name dengan nama profil VPN
  • Selanjutnya centang Don’t Connect now, just set it up so I can connect later. Jika suda selesai klik Next
  • Selanjutnya masukan User name dan Password dengan nama username dan password yang diperoleh dari penyedia VPN, lalu klik Create
  • Terakhir untuk mengaktifkan silahkan klik Icon Network Connection, klik nama profil koneksi vpn yang sudah kamu buat sebelumnya lalu klik Connect

Cara mengaktifkan VPN di Laptop Windows 10

Nah khusus buat kamu pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 10. Selain menggunakan aplikasi VPN, kamu juga bisa membuat konfigurasi jaringan VPN sendiri secara manual lho.

Caranya juga cukup mudah, silahkan kamu simak dan ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  • Masuk ke Network Settings, klik pada ikon Network yang terdapat pada taskbar bagian kanan bawah
  • Kemudian masuk ke opsi VPN, selanjutya kamu perlu membuat profile VPN, silahkan klik menu Add VPN Connection.
  • Pilih opsi Windows pada bagian VPN Provider, lalu pada bagian VPN Type silahkan pilih Automatic
  • Selanjutnya pada bagian Type of sign-in info silahkan pilih User name and password

Selanjutnya kita perlu melakukan konfigurasi jaringan yang akan digunakan seperti Server Address dan lainnya. Silahkan simak langkah mengaktifkan VPN di Laptop Windows 10 tanpa aplikasi selanjutya dibawah ini.

  • Pada opsi Connection name dan Server name or address silahkan isi sessuai dengan Connection name dan Server name or address dari penyedia VPN yang kamu gunakan
  • Selanjutnya kamu juga perlu memasukan nama pengguna dan kata sandi untuk VPN yang digunakan sesuai dengan data dari penyedia VPN kalian
  • Jika sudah selesai tekan Save dan tutup menu Settings tersebut
  • Untuk mencoba mengaktifkannya kamu bisa klik ikon WiFi yang ada di taskbar kemudian pilih profil VPN yang sudah kamu buat diatas
  • Klik Connect untuk mengaktifkannya

Demikian tips dan informasi mengenai cara mengaktifkan VPN di laptop dan HP yang bisa kamu coba baik menggunakan aplikasi VPN atau secara manual melakukan konfigurasi.