Cara Mengatasi Nox Error , Stuck dan Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Nox Error , Stuck dan Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Nox Error , Stuck dan Tidak Bisa Dibuka – Untuk menjalankan aplikasi android di PC atau laptop, kita membutuhkan software tambahan yang disebut dengan emulator android. Salah satu emulator android terbaik yang cukup terkenal dan banyak digunakan adalah Nox.

Nox sendiri dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap yang bisa diatur untuk menyesuaikan dengan PC / laptop yang digunakan. Sehingga pengguna bisa menjalankan aplikasi android dengan lancar tanpa mengalami kendala seperti lag.

Namun ternyata banyak pengguna yang mengeluhkan permsalahan ketika akan menjalankan emulator ini. Masalah yang sering terjadi adalah Nox Player tidak bisa dibuka, loading stuck di 98% / 99%, virtual machine failed to start dan masih beberapa masalah lagi lainnya.

Nah jika saat ini kamu sedang mengalami masalah serupa, maka pada artikel tutorial kali ini SimakTekno akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi Nox error, not responding, virtual machine failed to start, tidak bisa dibuka baik di Windows 7,8 dan 10.

Cara Mengatasi Nox Error , Stuck dan Tidak Bisa Dibuk

Sebenarnya untuk mengatasi masalah Loading Nox berhenti ketika aplikasi baru dijalankan ini, pihak developer sudah memberikan panduan cara memperbaikinya. Selengkapnya kamu bisa mengunjungi situs resmi Nox untuk bisa mendapatkan versi terbaru dari emulator android ini.

Cara Mengatasi Nox Error , Stuck dan Tidak Bisa Dibuka

Nah selanjutnya kami akan memberikan penjelasan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi Nox error, not responding, virtual machine failed to start, tidak bisa dibuka. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba satu persatu.

Restart PC / Laptop

Ketika Nox Player tidak bisa dibuka karena terus menerus menampilkan pesan error atau stuck loading. Langkah yang harus kamu lakukan yaitu menghentikan secara paksa program Nox yang sedang berjalan di background.

Pengguna komputer Windows bisa dengan mudah menggunakan opsi End Task pada Task Manager. Sebab jika kita hanya mengklik tombol “close” pada Nox player, ternyata masih ada program yang masih berjalan.

Jika demikian tentunya kamu tidak akan berhasil membuka Nox player, karena masih ada error yang terjadi. Berikut cara menghentikan Nox Player ketika mengalami not responding karena tidak bisa dibuka melalui Task Manager.

  • Untuk masuk ke Task Manager, silahkan tekan tombol Ctrl + Alt + Dlt dikeyboard secara bersamaan
  • Jika berhasil maka akan tampil jendela program Task Manager
  • Selanjutnya cari program yang mengalami not responding yaitu Nox
  • Pilih semua proses dari program Nox kemudian tekan tombol End Task
  • Apabila sudah selesai silahkan restart PC / laptop kemudian coba jalankan Nox Player kembali

Mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS

Virtualization Technology atau VT merupakan program tambahan yang bisa digunakan untuk menjalankan sistem operasi lain dalam mode virtual secara bersamaan. Biasanya emulator android memerlukan fitur Virtualization Technology agar bisa berjalan dengan optimal.

Misalnya saja pada laptop / PC yang menggunakan VGA dari Intel maka akan tersedia fitur Virtualization Technology dengan nama Intel VT. Sedangkan pada perangkat komputer yang menggunakan VGA dari AMD maka aka dinamakan dengan AMD-V.

Sebelum kamu mengaktifkan Virtualization Technology di laptop / PC, kamu terlebih dahulu harus mengecek apakah CPU yang digunakan sudah mendukung fitur ini. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menginstal aplikasi CPU-Z untuk bisa mengetahui apakah processor pada komputer kamu sudah mendukung fitur ini.

Selanjutnya jika memang sudah mendukung, kamu bisa mengaktifkannya melalui setingan BIOS. Berikut cara mengatasi Nox virtual machine failed to start dengan mengaktifkan Virtualization Technology di BIOS laptop/PC.

  • Silahkan masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol F2 pada laptop Asus(akan berbeda beda tergantung merk dan tipe laptop)
  • Selanjutnya masuk ke tab Advanced Mode lalu pilih CPU Configuration kemudian pada opsi Intel Virtualization Technology pilih Enable
  • Simpan dan restart laptop

Sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan Virtualization Technology, selanjutnya buka dan jalankan kembali program Nox Player. Selesai sudah cara mengatasi Nox virtual machine failed to start.

Download dan Instal Nox Player Versi Terbaru

Jika kamu mengalami masalah sayangnya Nox launcher telah berhenti, atau tidak bisa dibuka. Tidak ada salahnya kamu coba update versi Nox Player ke versi terbaru.

Kamu bisa download dan instal Nox Player terbaru dengan langsung mengunjungi website resminya. Hal ini karena developer terus menerus melakukan perbaikan bug, penambahan fitur baru pada emulator ini.

Bahkan biasanya loading pada Nox versi terbaru akan lebih cepat dan tidak mengalami stuck 99 persen atau not responding.

Pastikan sebelumnya kamu sudah menguninstal aplikasi Nox Player dengan menghapus semua direktori yang ada. Sehingga komputer akan benar-benar bersih dari sisa data yang menyimpan pengaturan dan konfigurasi sebelumnya.

Perbarui Versi VGA PC

Memang saat ini terdapat beberapa GPU yang tidak kompatibel dengan Nox Player. Kamu bisa mengecek sendiri apakah VGA laptop yang kamu gunakan bisa digunakan untuk menjalankan Nox atau tidak dengan mengecek versi OpenGL VGA.

Seperti sudah dijelaskan, jika emulator Nox tidak mendukung jenis VGA dengan versi versi OpenGL dibawah 2.0. Jika memang versi VGA pada laptop yang kamu gunakan sudah tinggi, maka kamu bisa mengupdate drivernya saja.

Silahkan kamu update VGA bisa melalui System Update di Windows atau secara manual dengan mengunjungi manufacture dari laptop yang kamu punya. Jika sudah selesai, silahkan coba buka dan jalankan kembali Nox Player.

Nah demikian beberapa tips mudah yang bisa kamu coba lakukan ketika mengalami masalah pada emulator android Nox seperti tidak bisa dibuka, stuck, loading terus dan lainnya. Semoga tips singkat ini bisa membantu permasalahan kamu dan selamat mencoba semoga berhasil.