Cara Mengecek Layar Ponsel Android

Cara Mengecek Layar Ponsel Android Dengan Mudah -Jika hendak membeli ponsel bekas ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya pastikan fungsi dari touchscreen berjalan dengan baik.

Touchscreen merupakan salah satu komponen yang penting dari sebuah ponsel Android. Bahkan saat ini hampir semua smartphone menggunakan teknologi layar touchscreen. Ketika pengguna menjumpai seperti layar tidak bisa disentuh atau layar ponsel bergerak sendiri, kemungkinan layar ponsel tersebut mengalami kerusakan.

Pengecekan layar touchscreen sangat penting di lakukan, terlebih lagi saat hendak membeli ponsel bekas. Bagaimana cara mengetahui touchscreen masih berjalan baik ?

Cara Mengetahui Kerusakan Layar Touchscreen Ponsel Android

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek layar ponsel Android. Berikut ini SimakTekno berikan sedikit tutorial untuk memeriksa layar touchscreen masih berjalan dengan baik atau tidak.

Cara Mengecek Layar Ponsel Android

  • Cek Kondisi Fisik Layar

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi fisik dari layar smartphone tersebut. Cek apakah ada garis pada LCD, apakah ada retakan pada layar, dan ketahui sensitifitas dari touchscreen.

  • Menggunakan Kode Rahasia Smartphone Android

Apa itu kode rahasia Android ? kode rahasia ini berupa kode belakang layar Android yang merupakan kombinasis aba-aba untuk menampilkan informasi apapun dari smartphone Android. Seperti nomor IMEI, Engineer mode, sampai mengecek sensitifitas touchscreen.

Untuk menggunakannya yaitu dengan cara :

  • Pertama, buka aplikasi Dial pad
  • Kedua, masukkan kode *#0*#* atau #*#0*#*#*
  • Ketiga, maka akan ditampilkan jendela Touchscreen Test. Dan pengguna bisa melakukan pengecekan layar sampai selesai

Namun kode rahasia smartphone Android ini tergantung dari merk ponsel tersebut. Untuk lengkapnya baca juga kode dial rahasia ponsel Android.

  • Menggunakan Aplikasi Gambar

Cara ini bisa menjadi cara yang paling praktis untuk mengecek sensitifitas layar Android. Hal tersebut karena menggunakan aplikasi menggambar bisa menunjukan apakah setiap sudut layar ponsel masih berfungsi atau tidak.

  • Pertama, pengguna install terlebih dahulu aplikasi menggambar apa saja.
  • Kedua, buka aplikasi tersebut. Dan usapkan jari ke seluruh layar.
    Dengan mengusap layar pengguna bisa mengetahui apakah touchscreen berjalan normal atau tidak.
Simak juga :  Cara Mengganti Font Oppo A5s, A5 dan A5 2020 Lengkap

Pastikan aplikasi yang digunakan mendukung fitur full screen saat menggambar.

  • Menggunakan Aplikasi Touchscreen Test

Di PlayStore sudah banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk melakukan touchscreen test. Aplikasi ini sangat berguna bagi yang sedang mengalami layar ponsel tidak bisa disentuh.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, pengguna bisa langsung mengunduh aplikasi touchscreen test di Playstore. Kemudia jalankan sampai muncul kumpulan dots berwarna putih, lalu tekan atau gesek dots putih tersebut sampai berubah warna menjadi hijau.

Jika ada bagian dots yang tidak berubah warnanya maka bagian tersebut kemungkinan memiliki masalah.

Itulah beberapa Cara Mengecek Layar Ponsel Android yang bisa dilakukan dengan mudah saat hendak ingin membeli ponsel bekas pakai.