Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root – Bagi mereka yang hobi menginstal Custom ROM, oprek android melakukan root HP android memang sangat diperlukan. Akan tetapi selain berguna, root juga mempunyai efek samping yang cukup beresiko seperti bootloop dan hilangnya garansi.

Tida sedikit pengguna HP android yang bertanya apakah reset pabrik bisa menghilangkan root ? Namun sebaliknya kita bisa dengan mudah mencari tutorial cara root berbagai tipe HP android di internet. Tetapi kebanyakan tutorial tersebut tidak memberitahukan bagaimana cara unroot.

Pada keadaan tertentu cara unroot HP android memang harus diketahui. Terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak bisa berjalan di HP android yang sudah diroot. Oleh karena itu pada postingan kali ini SimakTekno akan memberikan panduan cara mengembalikan hp yg sudah di root ke setelan pabrik.

Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

Unroot merupakan sebuah proses yang dilakukan pada HP android untuk menutup akses root ke file system. Dengan kata lain proses ini akan mengembalikan hp yang sudah rooted ke kondisi semula.

Kadang-kadang juga ditemukan hp tidak di root tapi terdeteksi root. Hal ini karena biasanya aplikasi root yang hilang tetapi sebenarnya file sistem masih dalam kondisi rooted.

Sebelum kita melangkah ke panduan cara mengembalikan hp yang sudah di root ada beberapa kegunaan dari cara unroot yang bisa kamu ketahui.

  • Pertama tentu tujuannya mengembalikan kondisi HP android ke setelan default pabrik
  • Jika kita akan mengajukan klaim garansi HP android, maka terlebih dahulu kita harus melakukan unroot
  • Ada banyak masalah hp yang sudah di root, untuk mencegah kerusakan seperti terkena virus sebaiknya kamu lakukan unroot.
  • HP android yang sudah diroot, biasanya tidak akan mendapatkan update OS secara OTA. Oleh karena itu untuk bisa mendapatkan notifikasi pembaruan sistem kamu harus mengembalikan hp yg sudah di root ke setelan pabrik.
Cara Mengembalikan HP Yang Sudah Di Root

Ada beberapa cara unroot HP android yang akan dijelaskan pada tutorial kali ini serta bisa diterapkan di hampir semua tipe dan merk HP android mulai dari Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Lenovo, Huawei dan lainnya.

Cara Unroot HP Android Menggunakan SuperSU

Cara Mengembalikan HP android yang sudah diroot ke kondisi semula yang pertama yaitu dengan bantuan aplikasi SuperSU. SuperSU merupakan aplikasi yang memang sengaja dibuat untuk mengatur akses root di HP android.

Ternyata selain untuk keperluan manajemen akses root aplikasi di HP android. SuperSU juga bisa digunakan untuk menghilangkan dan mengembalikan HP yang sudah diroot ke setelan awal.

Silahkan kamu ikuti cara mengembalikan android root seperti semula menggunakan aplikasi SuperSU.

  • Pertama download dan instal aplikasi manajemen root SuperSU melalui Play Store di ponsel kamu terlebih dahulu
  • Kemudian jalankan aplikasi SuperSU lalu masuk ke Pengaturan lalu pilih Unroot Penuh
  • Silahkan kamu tunggu proses unroot hingga selesai, nantinya ponsel akan otomatis merestart sendiri

Cara Mengembalikan HP yang Sudah Di Root Dengan KingRoot

Salah satu aplikasi root HP android yang cukup populer digunakan serta mendukung banyak model HP adalah KingRoot. Selain digunakan untuk rooting, KingRoot juga bisa digunakan untuk mengembalikan HP android yang sudah diroot ke kondisi semula (unroot).

Berikut langkah-langkah cara unroot HP android dengan KingRoot yang bisa kamu simak dan ikuti.

  • Silahkan kamu download aplikasi KingRoot dan instal di HP android
  • Jika sudah terpasang, buka dan jalankan aplikasi lalu masuk ke Menu kemudian pilih opsi Remove Root Permission
  • Tunggu hingga proses unroot selesai, jika sudah selesai silahkan restart HP android kamu

Cara Unroot HP Android Menggunakan Magisk

Aplikasi root dan manajemen berikutnya yaitu Magisk. Biasanya Magisk Manager ini digunakan pada HP android keluaran terbaru seperti Xiaomi, Samsung, Oppo untuk memudahkan menginstal Custom ROM.

Ketika kamu menggunakan Magisk, maka kamu bisa menemukan beberapa opsi menu seperti berikut.

  • Uninstall App : Jika kamu memilih opsi ini maka hanya akan menghilangkan akses root ponsel. Akan tetapi modul modul Magisk yang sudah terinstal tidak akan terhapus.
  • Restore Image : Opsi ini digunakan untuk mengembalikan file Boot.img bawaan ponsel yang sebelumnya telah dibackup ketika proses rooting
  • Complete Uninstall : Sedangkan opsi ini digunakan untuk menghapus semua modul dan mengembalikan HP yang sudah diroot benar-benar ke kondisi awal

Cara mengembalikan HP android yang sudah diroot ke keadaan semula yang juga bisa kamu coba yaitu menggunakan Magisk Manager ini. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Silahkan buka aplikasi Magisk Manager yang sudah terpasang ketika kamu meroot ponsel
  • Selanjutnya cari opsi Uninstall
  • Kemudian tunggu hingga proses unroot selesai

Melakukan Hard Reset Ponsel

Diatas sudah dituliskan apakah reset pabrik bisa menghilangkan root ? Jawabanya bisa iya, bisa tidak tergantung dari aplikasi yang digunakan ketika meroot ponsel.

Namun tidak ada salahnya kamu mencoba mereset ponsel ke pengaturan pabrik, jika beberapa cara unroot diatas belum berhasil.

Secara umum hard reset HP android bisa dilakukan melalui pengaturan dan bisa juga melalui Mode Recovery. Silahkan kamu gunakan kolom pencarian diatas untuk mencari tutorial cara hard reset sesuai dengan ponsel yang digunakan.

Cara Mengembalikan HP yang Sudah Di Root Dengan Instal Ulang Stock ROM

Nah, jika cara unroot diatas tidak ada yang berhasil mengembalikan android root seperti semula. Maka jalan terakhir yang sudah pasti berhasil adalah dengan menginstal ulang Stock ROM HP android.

Untuk bisa menginstal ulang Stock ROM ini sendiri caranya bermacam-macam tergantung dari merk ponsel. Silahkan kamu cari tutorial cara flash HP android baik dengan PC atau tanpa PC melalui kotak pencarian diatas.

Demikian tips android mengenai beberapa cara mengembalikan hp yang sudah di root yang bisa kamu coba. Untuk memastikan apakah root sudah hilang atau belum kamu bisa gunakan aplikasi Root Checker. Selamat mencoba, semoga tips diatas bisa menjadi solusi bagi kalian yang sedang mencari panduan cara unroot HP android.