Cara Menghapus Cache Pada Laptop

Cara Menghapus Cache Pada Laptop -Karena sering digunakan kinerja Laptop bisa saja menurun. Namun ada hal lain yang menjadi penyebab laptop menjadi lemot yaitu keberadaan cache di dalamnya.

Apa itu cache ? Cache merupakan sekumpulan data sementara yang berasal dari aplikasi-aplikasi yang di jalankan pada laptop. File cache sendiri sebenarnya memiliki fungsi yaitu membuat perangkat menjadi lebih responsif.

Namun karena data cache tersebut bisa menumpuk, sehingga membuat harddisk cepat penuh dan membuat laptop menjadi lemot. Lalu bagaimana cara mengatasi supaya laptop tidak lemot ?

Membersihkan Cache Laptop

Cara Menghapus Cache Pada Laptop

Dengan membersihkan cache laptop bisa mengurangi beban pada harddiks menjadi lebih lega. Untuk menghapus cache caranya tidak sulit, tapi pada kenyataannya masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengapus cache laptop Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

  • Hapus Cache Laptop Melalui Folder Temp

Nama lain dari folder cache di laptop yaitu file ‘Temporary’ (sementara). Pada Windows file-file temporary bisa ditemukan di folde ‘Temp’. Folder ‘Temp’ juga menyimpan file-file dari browser seperti cookies, history, dan lainnya.

Untuk caranya sangat mudah, yaitu

  1. Pertama, jalankan perintah ‘RUN’ dengan menekan tombol ‘Windows + R’
  2. Kedua, ketik ‘Temp’ kemudian ‘OK’
  3. Ketiga, pengguna akan ditampilkan sebuah jendela baru yang berusu file dan folder. Ketik ‘Ctrl + A’ kemudian ‘Delete’
  4. Keempat, jalankan kembali perintah ‘RUN’ dan kemudian ketik %temp% dan pilih ‘OK’
  5. Kelima, pengguna akan ditampilkan sebuah jendela baru yang berusu file dan folder. Ketik ‘Ctrl + A’ kemudian ‘Delete’
  6. Keenam, restart laptop tersebut
  • Menghapus Cache Laptop Menggunakan Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan fitur bawaan Windows yang memiliki fungsi untuk membersihkan seluruh file sampah yang ada di drive tertentu. Setalah menghapus file ‘Temp’ diatas, pengguna juga harus melakukan ‘Disk Cleanup’ karena cachenya belum sepenuhnya hilang.

Simak juga :  Cara Membuat Label Nama Undangan Dengan MS Word 2007

Untuk melakukannya caranya cukup mudah, yaitu :

  1. Pertama, klik kanan drive sistem ( biasanya C ) kemudian pilih ‘Properties’
  2. Kedua, klik ‘Disk Cleanup’
  3. Ketiga, centang opsi clea yang di inginkan. Karena tadi menghapus data Temp maka jangan lupa untuk mencentang opsi ‘Recycle Bin’
  4. Keempat, klik ‘OK’ dan tunggu sampai proses selesai
  5. Kelima, restart kembali laptop tersebut

Jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada drive lainnya. Selain file sampah, Disk Cleanup juga bisa menghilangkan file-file lain pada Windows seperti recyle bin, data internet, dan lain-lain.

  • Menghapus Cache Laptop Menggunakan CCleaner

CCleaner merupakan aplikasi tambahan yang biasa digunakan untuk mengoptimalkan sistem agar selalu maksimal. Aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur, seperti Registry, data browser, Uninstall file, menghapus software, dan menghapus cache pada komputer dengan mudah.

Caranya yang bisa dilakukan yaitu :

  1. Pertama, pasang aplikasi CCleaner jika belum ada, kemudian buka aplikasi
  2. Kedua, masuk ke ‘Menu CCleaner’ dan pilih opsi apa saja yang ingin dibersihkan
  3. Ketiga, klik ‘Run Cleaner’ dan tunggu prosesnya sampai selesai
  4. Keempat, restart laptop tersebut

Itulah beberapa Cara Menghapus Cache Pada Laptop dengan mudah yang berhasil SimakTekno rangkum. Selamat Mencoba