Cara Menghapus Malware Pada Android

Malware atau Malicious Software sering ditemukan di dalam ponsel Android. Saat smartphone terkena malware bisa sangat bahaya, karena bisa saja mengambil informasi penting dari dalam ponsel. Meskipun bernama smartphone, namun tetap saja ponsel Android bisa terjangkit Malware. Lalu bagaimana cara menghapus malware pada Android dengan mudah ?

Cara Menghapus Malware Pada Android

Saat menggunakan ponsel, mungkin tidak terlalu menyadari bahwa smartphone sudah disusupi malware yang masuk bersama melalu aplikasi yang di unduh. Hal tersebut bisa mengundang bahaya bagi pengguna ponsel tersebut. Sebenarnya ada beberapa ciri ponsel yang sudah terkena malware.

Ciri ponsel yang disusupi malware

Sebelum ketahui dahulu, seperti apa ponsel yang sudah berhasil terserang malware, dengan melihat ciri-ciri berikut ini :

  1. Banyak bermunculan iklan pop-up saat membuka aplikasi, streaming, bahkan saat sedang tidak beroperasi
  2. Baterai menjadi boros
  3. Hp cepat panas, karena ada aplikasi yang berjalan di latar belakang
  4. Ponsel menjadi lelet
  5. Pulsa atau Kuota cepat habis padahal pemakaian normal
  6. Menerima SMS aneh dan sinyal putus-putus saat digunakan untuk telphone.

Setelah mengetahui ciri-ciri hp yang terkena malware, berikutnya adalah langkah apa yang harus dilakukan saat ponsel terkena malware.

Cara menghilangkan malware pada Android

Untuk menghilangkan malware pada ponsel Android, pengguna bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

  • Menghapus Aplikasi yang Mencurigakan

Saat mengunduh aplikasi dari luar situs resmi, biasanya aplikasi tersebut sudah disusupi malware. Untuk menghilangkannya bisa dengan mencopot pemasangan aplikasi yang mencurigakan tersebut.

  • Bersihkan Administrator Right

Saat aplikasi susah untuk di copot pemasangannya, biasanya aplikasi tersebut memiliki administrator rights. Untuk itu perlu juga menghapusnya, dengan cara :

Masuk ke menu Setting >> Security >> Device Administrator, kemudian pilih menu Android Device Manager. Setelah itu pengguna bisa mencabut izin aplikasi tersebut. Jika sudah pengguna bisa merestart ponsel Androidnya untuk mengecek apakah malware sudah hilang.

  • Menggunakan Aplikasi Antivirus

Dengan melakukan pemasangan aplikasi antivirus di ponsel android bisa mendetekai saat adan virus atau malware yang akan masuk ke ponsel. Sekarang ini keberadaan aplikasi antivirus ini sudah banyak tersedia di Play Store.

Simak juga :  Cara Menyembunyikan Foto di Android

Cara Menghilangkan Malware Tanpa Aplikasi

Saat menyadari bahwa kinerja ponsel sudah mengalami tanda-tanda seperti diatas, sebaiknya pengguna langsung memeriksa ponsel, mungkin saja sudah terserang malware. Berikut ini ada sedikit cara untuk menghilangkan malware pada ponsel android dengan mudah.

  • Menghapus melalui Draw Over Other Apps

Untuk menghapus malware di android tanpa aplikasi, pengguna bisa melakukan langkah berikut ini :

Buka Pengaturan >> Draw Over Other Apps, setelah itu pengguna akan ditampilkan seluruh aplikasi yang mencoba mengambil data dari aplikasi lain. Saat itu pengguna bisa menghapusnya untuk melindungi ponsel androidnya.

  • Hapus aplikasi dengan Safe Mode

Cara ini akan efektif saat ponsel sudah benar-benar terserang malware. Caranya yaitu dengan : Tekan power agak lama >> Safe Mode. Namun saat opsi ‘Safe Mode’ tidak ada maka malware yang menginfeksi hp sudah memblokir opsi tersebut. Jika demikian pengguna hanya bisa melakukan hard reset.

Selanjutnya saat sudah dalam mode aman, pengguna masuk Pengaturan >> Apps >> Downloaded. Pengguna bisa mencari file aplikasi yang mencurigakan, kemudian bisa menghapus aplikasi tersebut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Pop-UP iklan pada aplikasi Android

Itulah beberapa cara menghapus malware pada android dengan mudah yang bisa dilakukan. Selamat mencoba.