Cara Mudah Mengatasi Hp Bootloop

Bagaimana cara mudah mengatasi hp bootloop ? Bootloop merupakan kondisi dimana ponsel Android gagal masuk ke dalam sistem operasi Android. Sehingga layar akan menampilkan satu perintah saja.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah bootloop pada hp itu mudah. Bahkan bisa dilakukan sendiri, tanpa harus pergi ke conter hp. Namun sebelum itu, ada baiknya ketahui dahulu penyebab kenapa hp bisa masuk ke bootloop.

Penyebab Hp Bootloop

Saat tengah asik memainkan smartphone, tapi tiba-tiba hp berhenti di boot screen adalah hal yang menjengkelkan. Apalagi saat tidak berhasil masuk ke sistem dan hanya menampilkan logo Android saja.

Bootloop terjadi biasanya karena beberapa hal seperti berikut ini :

  1. Install Mod, Mod yang tidak kompatibel dengan ROM bisa menyebabkan terjadinya bootloop pada ponsel.
  2. Flashing custom ROM, saat menginstall custom ROM bisa juga menyebabkan bootloop karena adanya dalvik-cache yang belum terhapus.
  3. Restore System Backup
  4. Pengaturan Permission salah

Setelah mengetahui penyebab kenapa hp menjadi bootloop, lalu bagaimana cara untuk mengatasinya ?

Cara Mengatasi Bootloop Sendiri

Cara untuk menangani bootloop hp sebenarnya berbeda-beda pada tiap perangkatnya. Dan biasanya data pada Android akan terhapus saat bootloop selesai.

Cara Mudah Mengatasi Hp Bootloop

  • Restart Ponsel

Cara ini bisa dilakukan saat ponsel mengalami bootloop yang ringan atau Light Bootloop. Dan biasanya terjadi karena kesalahan pengoperasian data. Untuk mengatasinya cukup mudah, pengguna bisa mematikan ponsel, kemudian lepas baterai, SIM card, SD card. Kemudian tunggu sekitar 20 menit, lalu pasang dan hidupkan kembali.

  • Wipe Cache Partition

Wipe Cache Partition adalah salah satu cara yang ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop. Dengan cara ini pengguna tidak perlu takut kehilangan data di dalam ponsel.

Simak juga :  Hp Gaming Terbaik Kuat Untuk Mabar Lama

Caranya cukup mudah, pengguna bisa masuk ke ‘Recovery Mode‘ kemudian pilih ‘Wipe Cache Partition‘ dan pilih ‘Yes‘. Untuk cara masuk ke ‘Recovery Mode’ setiap ponsel memiliki cara yang berbeda.

  • Factory Reset

Cara ini dilakukan saat kedua cara diatas tidak berfungsi. Maka pengguna bisa melakukan ‘Wipe Data‘ atau ‘Factory Reset‘. Dengan cara ini maka ponsel akan kembali ke pengaturan awal.

Pengguna bisa memilih ‘Wipe Data/Factory Reset‘ pada ‘Recovery Mode‘. Maka sistem akan otomatis memproses Factory Reset, setelah berhasil ponsel akan masuk ke halaman home.

  • Flashing ROM

Cara ini merupakan cara paling rumit dan berat. Penggunaan Flashing ROM digunakan saat hp mengalami bootloop yang serius. Dan biasanya penyebabnya karena salah dalam menginstall Custom ROM ataupun salah update OS ke ponsel.

Untuk melakukan Flashing ROM bisa dengan menggunakan aplikasi Smartphone Flash Tool. Namun jika ragu melakukan sendiri, bisa membawanya ke counter hp.

Baca juga : Cara Flash OPPO A3s Lupa Pola, Bootloop via QFIL

Itulah Cara Mudah Mengatasi Hp Bootloop yang bisa dilakukan sendiri. Selamat mencoba!.