Snapdragon Vs MediaTek Bagus Yang Mana ?

Saat ini, khususnya ponsel Android banyak yang menggunakan prosesor dari Snapdragon dan MediaTek. Kedua prosesor ini menjadi merk paling terkenal dan banyak digunakan pada ponsel Android. Namun dari Snapdragon vs MediaTek bagus yang mana ?

Saat hendak membeli ponsel yang baru, pemilihan prosesor yang digunakan menjadi salah satu kompenen yang penting. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja dari ponsel tersebut. Kedua prosesor tersebut memiliki popularitas yang hampir sama, dan sering membuat bingung para pengguna gadget.

Snapdragon Vs MediaTek Bagus Yang Mana ?

Dari pada bingung, berikut ini SimakTekno jelaskan sedikit mengenai apa itu prosesor Snapdragon dan prosesor MediaTek.

Prosesor Snapdragon

Sejarah

Prosesor Snapdragon merupakan prosesor asal Amerika Serikat turunan dari perusahaan Qualcomm. Dirilis sejak tahun 2007, prosesor ini berfokus pada beberapa segmen yaitu seri 600 dan 700 untuk kelas menengah, dan 800 untuk kelas atasnya. Snapdragon banyak digunakan pada pada ponsel-ponsel gaming.

Kelebihan Snapdragon

Snapdragon memiliki performa grafis yang maksimal, karena Qualcomm menggunakan teknologi yang paling terkini untuk CPU core-nya. Sehingga saat untuk menjalankan game-game berat akan lancar.

Selain itu, Snapdragon dikenal memiliki kinerja prosesor yang lebih unggul. Baik dari stabilitas maupun penggunaan baterai.

Kekurangan Snapdragon

Dibalik kelebihan yang dimiliki, prosesor ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti :

RAM yang lebih boros, oleh karena itu ponsel yang menggunakan Snapdragon biasanya dibarengi dengan RAM yang cukup besar. Karena jika tidak seimbang ponsel akan berjalan lambat. Minimal RAM 4 GB ke atas untuk mendapatkan performa maksimal.

Dari segi harga, ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan prosesor MediaTek.

Prosesor MediaTek

MediaTek juga kini tidak kalah populer seperti Snapdragon, sudah banyak ponsel yang menggunakan prosesor ini di dalamnya.

Simak juga :  Hp Gaming Terbaik Kuat Untuk Mabar Lama

Sejarah

MediaTek merupakan prosesor yang berasal dari Taiwan yang memproduksi produk-produk semikonduktor. Prosesor ini sebenarnya memiliki nama Helio MediaTek. Berbeda dari Snapdragon, prosesor ini hanya berfokus pada satu kelas saja, yaitu kelas menengah.

Kelebihan MediaTek

Prosesor MediaTek mendukung GPU yang cukup tinggi, sehingga mampu menjalannkan grafis yang beresolusi tinggi. Namun kabarnya meskipun mendukung performa grafis tinggi, penggunaan RAM-nya lebih hemat dibanding dengan Snapdragon.

Selain itu harga ponsel yang menggunakan prosesor MediaTek lebih terjangkau dibanding dengan ponsel Snapdragon.

Kekurangan MediaTek

Selain memiliki kelebihan yang menarik, prosesor MediaTek juga memiliki beberapa kekurangan, seperti

Smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek biasanya menggunakan CPU core standar, sehingga mempengaruhi kualiatas hardware.

Ponsel MediaTek juga sering mengalami masalah ponse yang overheat atau gampang panas. Selain itu juga ponsel yang menggunakan MediaTek akan mengkonsumsi daya baterai yang cukup boros.

Jadi ponsel Snapdragon dan ponsel MediaTek bagus mana ?

Memilih prosesor yang tepat juga menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli ponsel. Dari segi performa prosesor Snapdragon lebih cocok untuk gaming, namun harganya tergolong cukup mahal.

Jika hanya ingin mencari ponsel yang spesifikasi cukup tinggi namun tidak terlalu mahal, ponsel dengan prosessor MediaTek sudah cukup affordeble.

Itulah sedikit penjelasan singkat dari SimakTekno mengenai Snapdragon Vs MediaTek Bagus Yang Mana ? Semoga bermanfaat.