Tips Print Excel Rapi Tanpa Terpotong

Tips Print Excel Rapi Tanpa Terpotong

Sering mengalami masalah dokumen terpotong saat mencetak excel ? Jika iya berikut ini SimakTekno berikan Tips Print Excel Rapi Tanpa Terpotong.

Microsoft Excel adalah program pengolah data yang terdiri dari spreadsheet berdasarkan serangkaian sel yang dibuat dengan menghubungkan baris dan kolom. Hal ini tentunya berbeda dengan Microsoft Word yang merupakan software berupa lembaran-lembaran halaman yang sesuai dengan ukuran kertas atau media cetak.

Untuk beberapa pengguna Microsoft Excel, mencetak dokumen biasanya menjadi masalah tersendiri, sehingga masalah pencetakan file Excel bisa menjadi hal biasa. Microsoft Excel menawarkan banyak opsi untuk menyesuaikan bagaimana file Excel dapat diprint atau dicetak. Jadi tidak hanya Ctrl+P diikuti dengan Print atau Enter.

Cara Print File Excel Tidak Terpotong

Untuk mencetak file excel tidak terpotong ada beberapa langkah yang harus diperhatikan diantaranya

  • Mengatur Ukuran Kertas

Ketika data siap untuk dicetak, hal pertama yang harus dilakukan sebelum mencetak file di Excel adalah mengatur ukuran kertas.

Pastikan ukuran kertas di Excel sesuai dengan jenis kertas yang akan di gunakan untuk mencetak. Pengguna dapat melakukannya pada tab Page Layout – Group Page Setup – Size untuk memilih ukuran kertas yang tersedia di Excel.

Pengguna juga dapat mengedit pengaturan di menu File > Print > Open Paper atau klik Page Setup.

  • Mengatur Margin Halaman

Untuk mencetak file Excel tanpa terpotong, Pengguna perlu menyesuaikan margin/tepi kertas. Langkahnya adalah sebagai berikut:

Masuk ke tab Page Layout > Margins > Last Custom Settings/Normal/Wide/Narrow, pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin membuat ukuran sendiri, pilih “Custom Margins”

  • Lihat Hasil Cetak Menggunakan Page Layout View

Gunakan Page Layout View untuk melihat bagaimana dokumen akan tercetak di atas kertas ketika jenis dan ukuran kertas sudah benar.
Caranya adalah dengan memilih tombol Page Layout pada tab View – Group Workbook Views.

Simak juga :  Cara Menyambungkan Hotspot Hp ke Laptop Yang Tidak Terbaca

Dengan ‘Page Layout’ diaktifkan, Excel dengan jelas menunjukkan bagaimana data akan terlihat di atas kertas, termasuk bagian dari dokumen cetak yang akan dipotong.

  • Merubah Orientasi Halaman Cetak

Solusi lain ketika hasil cetak di Excel terpotong adalah mengubah orientasi kertas menjadi landscape/horizontal. Karena saat pengguna membuka file Excel, orientasi kertas default adalah Portrait/Portrait.

Namun, perhatikan bahwa jika halaman yang hendak di cetak memiliki banyak kolom, pengguna harus memilih jenis kertas landskap. Hal ini untuk memastikan bahwa output dapat dimuat ke dalam 1 lembar kertas. Pengaturannya cukup mudah, pilih tab Page Layout > Orientation > Landscape.

  • Mengatur Print Area

Secara default, semua sel yang berisi data atau konten dalam lembar Excel dicetak sebagai satu unit. Jika ingin mencetak hanya beberapa bagian, pengguna dapat menyesuaikannya dengan mengatur “Set print area“. Langkah-langkah penggunaannya cukup sederhana, yaitu:

  1. Seret atau pilih rentang sel yang ingin di cetak.
  2. Kemudian klik tab Page Layout > Group Page Setup > Print Area > Set Print Area.
  • Menggunakan Page Break

Jika dokumen yang dapat dicetak memiliki halaman yang panjang dan banyak baris, pengguna harus membaginya menjadi beberapa segmen halaman.

Sebaiknya gunakan Page Break Preview untuk memudahkan melihat bagian yang dicetak. Cara mengaktifkannya cukup mudah, buka Tab View > Menu Group Workbook View > Page Break Preview.

Saat Page Break Preview diaktifkan, garis putus-putus biru akan muncul sebagai batas cetak.

  • Mengatur Page Break

Pengguna dapat mengatur jeda halaman dengan 2 cara:

  1. Cara pertama adalah dengan menempatkan kursor langsung pada garis putus-putus lalu tahan tombol kiri mouse. Kemudian seret ke atas atau ke bawah garis
  2. Cara kedua adalah dengan meletakkan kursor pada range atau sel pada baris tertuju. Kemudian pada tab Page Layout – Group Page Setup – Klik Menu Breaks kemudian pilih menu Add Page Break.
Simak juga :  Fitur-Fitur Baru Pada Windows 11

Jika ada jeda halaman yang berlebihan atau tidak pantas, pengguna juga dapat menghapusnya. Caranya cukup sederhana. Tempatkan kursor di sel di bawah page break yang ingin di hapus, lalu pilih menu Remove Page Break.

Pilih menu Reset All Page Breaks untuk mengembalikan page break ke keadaan sebelumnya.

  • Sesuaikan Skala Pencetakan

Selain menyesuaikan area cetak dan page break, Excel pada dasarnya mencetak dengan mempertimbangkan penskalaan.

Di Excel, pengguna dapat mengatur halaman yang ingin di cetak untuk dibagi secara mendatar ataupun menurun. Yaitu dengan mengatur menu “Width and Height” di tab “Layout” menjadi “Group Scale to fit“.

Biasanya, pengguna harus mengatur ukuran lebar menjadi 1 lembar sementara tinggi menyesuaikan secara otomatis, sehingga Excel secara otomatis menyesuaikan tinggi lembar.
Untuk data yang cukup besar, pengguna dapat mengurangi persentase skala, dan sebaliknya, meningkatkan skala untuk data yang relatif kecil.

Setelah melakukan semua hal di atas, periksa kembali (Print Preview) untuk memastikan data hasil cetak memenuhi kebutuhan. Jika sudah sesuai, file Excel siap untuk dicetak.

Baca juga : Cara Menyisipkan Gambar di Excel

Itulah Tips Print Excel Rapi Tanpa Terpotong dan terlihat lebih tersusun. Cara-cara diatas semoga bisa memudahkan dalam pekerjaan mencetak file excel.