Cara Backup Data HP Android ke PC / Laptop

Cara Backup Data HP Android ke PC

Cara Backup Data HP Android ke PC / Laptop – Kehadiran smartphone android saat sudah menjadi alat serba guna dalam menunjang aktifitas sehari-hari. Selain untuk kebutuhan komunikasi, HP android juga sering digunakan untuk menyimpan nomor kontak, menyimpan dokumen seperti file, foto dan video.

Salah satu upaya untuk menjaga data-data penting di HP android yaitu dengan rutin melakukan backup data. Sebab sudah bukan lagi rahasia jika HP android sering mengalami kerusakan seperti crash, hank, lemot bahkan bootloop atau mati total.

Nah jika kamu belum tahu cara backup data android ke PC android, maka pada tips android kali ini SimakTekno akan memberikan tutorial lengkap yang bisa kamu simak dan ikuti.

Cara Backup Data HP Android ke PC / Laptop

Dengan rutin mencadangkan data-data penting di HP android, kamu tidak perlu takut kehilangan data jika sewaktu-waktu harus mereset ponsel atau jika HP android kamu mati total. Tentu kamu tidak mau jika nomor kontak HP diponsel hilang begitu saja bukan ?

Pada postingan sebelumnya kami juga sudah memberikan panduan cara mengembalikan kontak yang terhapus di HP android yang bisa kamu simak juga.

Nah fokus pada tutorial kali ini yaitu kita akan memberikan panduan cara backup data android ke PC agar kamu bisa lebih aman menyimpan cadangan file-file penting.

Cara Backup Data HP Android ke PC

Ada beberapa cara mencadangkan data HP android ke komputer yang bisa kamu coba berikut ini.

Cara Backup Data Android ke PC Tanpa Aplikasi

Untuk mentrasnfer data seperti media dari HP android ke komputer sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi. Dengan cara ini kamu harus secara manual menyalin dan memindahkan data dari memori internal ponsel ke PC.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu simak dan ikuti untuk mencadangkan data android ke PC tanpa aplikasi.

  • Nyalakan ponsel android kamu terlebih dahulu, kemudian masuk ke Pengaturan lalu masuk ke Opsi Pengembang kemudian aktifkan USB Debugging
  • Cara mengaktifkan Opsi Pengembang, terlebih dahulu masuk ke Pengaturan lalu tekan sebanyak 7 ketukan pada Versi android untuk mengaktifkan Opsi Pengembang terlebih dahulu
  • Selanjutnya hubungkan HP android ke PC menggunakan kabel USB untuk mentrasnfer file
  • Jika muncul notifikasi di layar ponsel, silahkan tekan OK
  • Jika langkah diatas berhasil maka akan muncul jendela baru di PC Windows yang menampilkan direktori penyimpanan ponsel
  • Terakhir silahkan kamu masuk ke Penyimpanan Internal kemudian cari dan salin data-data yang akan dibackup.

Cara backup data android ke PC tanpa aplikasi ini memang cukup ribet. Selain itu cara ini tidak bisa dilakukan untuk membackup data seperti kontak dan data aplikasi.

Backup HP Android ke PC Menggunakan dr.Fone toolkit

dr.Fone toolkit merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membackup data di HP android ke laptop atau PC. Tools backup android ini juga mempunyai tampilan User Interface yang sederhana, jadi sangat mudah digunakan.

dr.Fone toolkit juga sudah bisa membackup data-data di android seprti kontak, pesan, kalender, notes, video, gallery, histori panggilan dan juga data aplikasi. Software dr.Fone toolkit harus kamu instal terlebih dahulu di PC atau laptop yang akan digunakan untuk mencadangkan data ponsel.

Kamu bisa melakukan backup data android ke PC dan melakukan restore data hanya dengan satu klik saja. Bahkan kamu tidak perlu harus merooting HP android terlebih dahulu untuk menggunakan tools ini.

Backup Android ke PC dengan Nandroid Backup

Nah jika kamu ingin bisa mencadangkan data HP android secara keseluruhan, termasuk data sistem yang tersimpan di memori NAND. Maka ponsel kamu harus dalam keadaan sudah root.

Berikut langkah-langkah cara mencadangkan data HP android ke komputer menggunakan Nandroid Backup.

  • Pastikan HP android sudah dalam kondisi root
  • Download dan instal aplikasi online Nandroid Backup di ponsel kamu
  • Jika sudah terpasang, langsung saja buka dan jalankan aplikasi online Nandroid Backup
  • Berikan izin akses SuperSu untuk mengakses root sistem menggunakan aplikasi ini dengan menekan tombol Grant
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi backup yang akan kamu gunakan ketika akan merestorenya seperti untuk CWM atau TWRP
  • Selanjutnya tentukan media penyimpanan file backup, disarankan disimpan di kartu memori
  • Tekan tombol Start Backup untuk memulai proses pencadangan dan tunggu hingga selesai

Backup Data Android Menggunakan G Cloud Backup Tanpa PC

Cara mencadangkan data HP secara keseluruhan juga bisa menggunakan bantuan aplikasi G Cloud Backup. Untuk menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu meroot ponsel terlebih dahulu dan tidak memerlukan PC, hanya saja harus membuat akun.

Sebagai pengguna gratisan, kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan cloud sebesar 1GB. Jika ingin mendapatkan lebih besar kapasitasnya kamu bisa membeli versi pro aplikasi ini.

  • Download dan instal aplikasi G Cloud Backup di HP android kamu
  • Buka dan jalankan aplikasi untuk melakukan registrasi akun
  • Selanjutnya berikan hak akses aplikasi untuk membaca data-data di ponsel
  • Kemudian cari dan tentukan folder-folder mana saja yang akan kamu cadangkan
  • Terakhir tekan tombol Backup Now untuk menjalankan ponsel dan tunggu hingga selesai

Selain cara manual diatas, dengan aplikasi G Cloud Backup ini kamu bisa secara otomatis membackup data android. Silahkan masuk ke Settings pada aplikasi kemudian masuk ke opsi Auto Upload lalu tentukan jadwal backup yang kamu inginkan.

Banyak orang yang masih menganggap jika melakukan backup data android tidaklah begitu penting. Namun sebenarnya langkah ini bisa sangat membantu mencegah kamu kehilangan data di ponsel.

Demikian beberapa cara backup data android ke PC baik dengan aplikasi atau tanpa aplikasi yang bisa kamu coba satu persatu. Dengan rutin melakukan backup data, kamu tidak perlu khawatir kehilangan data-data penting di memori ponsel.