Cara Memperbaiki MicroSD yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki MicroSD yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki MicroSD yang Tidak Terbaca – Sebagai media penyimpanan eksternal, kartu memori saat ini memang sudah banyak digunakan berbagai perangkat seperti HP, Laptop, Kamera Digita dan gadget lainnya.

Nah pada perangkat seperti ponsel, microsd biasanya digunakan sebagai media penyimpanan tambahan untuk menyimpan file seperti foto, video, dokumen atau musik. Sebab besar kapasias memori internal HP memang sangat terbatas dan biasanya sudah penuh untuk menyimpan data aplikasi.

Sebagai pengguna gadget, tentu kamu sering mencabut pasang kartu memori bukan ? Pastinya kamu akan merasa bingung dan cemas jika tiba-tiba microsd tidak terbaca sama sekali.

Oleh sebab itu pada tips dan tutorial kali ini, SimakTekno akan memberikan panduan cara memperbaiki microsd yang tidak terbaca baik di HP android, laptop ataupun kamera digital.

Cara Memperbaiki MicroSD yang Tidak Terbaca di HP dan Komputer

Gejala kerusakan kartu memori biasanya akan muncul pemberitahuan “Harap masukkan disk ke removable disk” atau “Ponsel Android tidak dapat menemukan kartu microSD“. Bahkan pada beberapa kasus MicroSD tidak terdeteksi sama sekali.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki micro sd yang tidak terdeteksi baik di HP android ataupun di PC yang bisa kamu coba mulai dari yang paling mudah.

Membersihkan Pin Kuningan MicroSD yang Tidak Terbaca

Langkah pertama yang paling mudah dan sederhana ketika kamu mengalami masalah kartu memori tidak terdeteksi yaitu dengan mempersihkan pin-pin kuningan pada MicroSD tersebut. Sebab jika terdapat kotoran seperti debu yang menempel pada salah satu pin saja, pastinya microsd tidak akan bisa terbaca.

Cara membersihkan kaki-kaki kartu memori juga sangat mudah dan simple. Kamu bisa menggunakan tisu atau menggunakan penghapus pensil dari karet.

Pastikan kamu membersihkannya dengan hati-hati yah, jangan sampai kartu memori kamu malah jadi patah/rusak. Kartu memori yang rusak karena retak/patah juga bisa menjadikan tidak bisa terbaca.

Untuk memudahkannya kamu bisa mengamati kondisi fisik kartu memori secara kasat mata ditempat yang terang. Akan lebih mudah lagi jika menggunakan bantuan alat seperti kaca pembesar.

Jika kuningan pada pin micro sd sudah terlihat mengkilat, bisa dipastikan sudah bersih. Silahkan kamu pasang kembali ke HP android atau menggunakan card reader untuk dimasukan ke komputer.

Cek Fisik Slot Kartu Memori

Jika MicroSD tidak terbaca sama sekali di HP android, pastikan kamu tidak terbalik ketika memasangnya. Hal ini memang sering terjadi, dan bisa menjadikan slot kartu memori menjadi rusak karena ada bagian yang patah.

Untuk lebih memastikan apakah penyebabnya dari slot atau memang dari kartu memori tersebut. Silahkan kamu coba gunakan MicroSD di perangkat atau HP lain.

Nah setelah kamu coba pindahkan kartu memori dan hasilnya bisa terbaca dengan baik. Maka bisa dipastikan slot kartu memori di HP kamu rusak/ ada benda yang mengganjal.

Silahkan periksa kondisi slot kartu memori, jika kamu kesulitan dan harus membongkar ponsel. Sebaiknya kamu serahkan ke tempat service HP untuk pengecekan lebih lanjut.

Kartu Memori Minta di Format Ulang

Dalam beberapa kasus, microsd tidak terbaca disebabkan oleh kondisi partisi kartu memori yang rusak/mengalami korup. Hal ini biasanya terjadi karena terkena virus, aplikasi mengalami crash ketika sedang digunakan dan lainnya.

Nah, jika MicroSD tidak terbaca di HP android kemudian kamu coba buka lewat PC lalu muncul notifikasi minta format. Cara mengatasi hal ini yaitu dengan memformat ulang kartu memori. Akan tetapi jika masih bisa kamu backup, sebaiknya kamu cadangkan dahulu data-data penting yang tersimpan di dalamnya.

Format ulang kartu memori akan menghapus semua data di dalamnya dan mengubah setelan partisi ke kondisi default.

Namun jika terpaksa tidak bisa dibackup, maka kamu bisa langsung menformatnya. Selanjutnya kamu bisa menggunakan software disk recovery untuk mengembalikan data di kartu memori yang sudah terformat.

Mengecek Kondisi Kartu Memori dengan Aplikasi

Jika kasus yang terjadi adalah kartu memori terdeteksi akan tetapi tidak bisa terbaca isi datanya. Langka yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan fitur bawaan Windows untuk mengecek kesehatan disk.

Caranya yaitu :

  • Masukan kartu memori ke PC menggunakan card reader
  • Masuk ke Windows Explorer
  • Klik kanan pada MicroSD yang sudah terdeteksi lalu pilih Properties
  • Jika sudah terbuka tab Properties, masuk ke tab Tool
  • Langkah terakhir klik tombol Check untuk memeriksa kondisi kartu memori

Demikian beberapa tips cara memperbaiki micro sd yang tidak terbaca baik di HP atau laptop yang bisa kamu coba lakukan mulai dari yang paling mudah.