Pengertian NFC Di Android

Pengertian NFC Di Android dan cara kerjanya -Hampir setiap orang saat ini pasti memiliki smartphone, bahkan bisa lebih dari satu. Saat ini penggunaan smartphone sudah bisa untuk mengakses berbagai perangkat lainnya.

Pengertian NFC Di Android

Semakin berkembangnya zaman, teknologi seperti ponsel juga mengikuti perkembangannya. Dari mulai bentuk, kelengkapan, dan fitur-fiturnya. Fitur yang ditawarkan sebuah ponsel pintar pastilah memiliki manfaat yang bisa mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu fitur yang tengah dikembang di dalam ponsel pintar saat ini yaitu NFC.

Apa itu NFC ?

Mungkin sebagian orang, masih bingung dan belum mengetahui apa itu NFC di Android ? Dan apa kegunaan NFC ? Sebelumnya, NFC merupakan singkatan dari Near-Field Comunication. Fitur ini dipatenkan oleh Charles Walton sekitar tahun 1983.

NFC adalah sebuah fitur nirkabel jarak pendek yang bisa menghubungkan dua perangkat elektronik dan bisa bertukar data satu sama lain. Fitur ini juga bisa bermanfaat untuk kemudahan bertransaksi secara digital.

Teknologi ini menggunakan antena yang lebih pendek dibandingkan dengan gelombang sinyal operator. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya interverensi.

Saat ini ponsel pintar keluaran terbaru seringkali sudah dibekali dengan fitur NFC di dalamnya. Pada tahun 2010 Samsung Nexus S menjadi hp Android pertama yang menggunakan fitur NFC.

Cara Kerja NFC

NFC mampu bertukar data di dua perangkat yang berdekatan, sehingga NFC hanya bisa beroperasi pada radius 4 cm. Fitur NFC berbeda dengan fitur Bluetooth di ponsel.

Perpedaan NFC dan Bluetooth yaitu jika NFC bekerja menerima atau mentransmisikan data menggunakan gelombang radio. Sedangkan jika Bluetooth bekerja menggunakan induksi elektromagnetik.

Near-Field Comunication ( NFC ) juga terdiri dari dua macam yaitu aktif dan pasif. Lalu apa perbedaan antara NFC aktif dan NFC pasif ?

  • NFC aktif yakni perangkat yang mampu untuk mengirim maupun menerima data. Perangkat aktif memiliki tiga mode Reader/Writer ( membaca informasi ), Card emulation( melakukan transaksi digital ), dan Peer-to-peer ( transfer file ). Contoh : Smartphone
  • NFC pasif yaitu perangkat yang hanya mampu mengirimkan informasi, sehingga perangkat ini tidak membutuhkan daya. Contoh : e-Money dan e-KTP
Simak juga :  Cara Mengganti Font Oppo A5s, A5 dan A5 2020 Lengkap

Bagaimana Cara Menggunakan NFC di Android ?

Sebelum menggunakannya, cek terlebih dahulu apakah ponsel yang digunakan mendukung fitur NFC atau tidak. Cara untuk mengeceknya yaitu
Buka Pengaturan >> kemudian masuk ke Wireless & Networks

Cara menggunakannya cukup mudah, sebagai contoh untuk e-KTP. Pengguna hanya menempelkan bagian belakang ponsel dengan hologram e-KTP maka secara otomatis data akan terbaca.

Untuk menggunakan NFC di ponsel Xiomi, Samsung, Oppo, Vivo, Realme sama saja. NFC juga sudah ada di iPhone generasi iPhone 6 namun baru bisa digunakan pada iPhone 7 ke atas.

Lalu apa fungsi dari NFC ?

Itulah sedikit Pengertian NFC Di Android dan bagaimana cara kerjanya yang berhasil SimakTekno rangkum. Dengan menggunakan fitur ini bisa mempermudah dalam proses bertukar data ataupun bertransaksi.