Manfaat NFC Pada Smartphone

Apa saja manfaat NFC pada Smartphone ? Jika sebelumnya mengupas secara singkat apa itu NFC, sekarang SimakTekno akan mengupas sedikit manfaat dari fitur NFC yang ada di smartphone saat ini.

Manfaat NFC Pada Smartphone

Hampir setiap ponsel keluaran terbaru dilengkapi dengan fitur NFC. NFC merupakan Near-field Communication yang merupakan fitur nirkabel jarak pendek. Fitur ini bisa menghubungkan dua perangkat yang memiliki fitur NFC di dalamnya dengan jarak tidak lebih dari 4 cm.

NFC menggunakan jaringan gelombang radio untuk memindahkan data secara cepat dalam jarak dekat tanpa perlu menggunakan kabel atau Bluetooth. Jika teknologi terdahulu mengenal infrared, NFC memiliki cara kerja yang hampir sama.

Apa Saja Manfaat NFC ?

Berdasarkan cara kerja NFC yang menghubungkan dua perangkat ada banyak manfaat yang bisa dilakukan oleh NFC, seperti

  • Transfer File

Fungsi utama dari NFC yaitu untuk bertukar data diantara dua perangkat yang saling terhubung. NFC pada smartphone memungkinkan kedua ponsel tersebut saling berbagi file seperti kontak telepon, gambar dan video, dokumen, dll.

Dengan menggunakan NFC proses tersebut bisa dilakukan lebih cepat dan mudah. Karena tidak perlu melakukan pairing terlebih dahulu seperti Bluetooth. Namun sayangnya kecepatan dalam menstransfer lebih lambat di banding menggunakan Bluetooth.

  • Transaksi Digital

Saat ini sudah banyak aplikasi dompet digital yang akan mempermudah kehidupan masyarakat. Sehingga pengguna ponsel tidak perlu membawa uang tunai, dompet digital ini juga dirasa lebih aman dan praktis. Fitur NFC di dalam ponsel juga bisa mempermudah pengguna dalam bertransaksi digital.

NFC bisa dijadikan alat pembayaran yang sangat praktis. Karena pengguna hanya perlu menempelkan ponsel ke alat tertentu, kemudian NFC akan memproses dan memberikan data yang diperlukan. Namun sayang penggunaan NFC di Indonesia belum maksimal, hanya bisa digunakan untuk mengecek saldo dan top-up e-wallet di beberapa bank.

  • Membaca Informasi dari Smart Card

Salah satu mode NFC yaitu Reader/Writer yakni kemampuan untuk membaca informasi dari kartu pintar, seperti e-money atau e-KTP. Fitur NFC nantinya bisa digunakan untuk mengecek saldo e-Money atau sejenisnya. Selain mengecek juga bisa digunakan untuk mengisi saldonya.

Simak juga :  Cara Menghidupkan HP Xiaomi Kehabisan Baterai

Caranya pun cukup mudah, pengguna hanya menempelkan kartu ke bagian belakang ponsel. Kemudian jika ingin mengisi saldo, maka masukkan sesuai yang diinginkan.

  • NFC Tag

NFC Tag adalah sebuah stiker kecil yang berisi chip NFC. Biasanya, tag ini di isi dengan alamat web tertentu atau tindakan tertentu di ponsel. NFC tag ini juga bisa di isi untuk bisa membuka aplikasi-aplikasi tertentu secara otomatis.

Di Negara yang besar, sudah banyak yang menggunakan NFC Tag pada tempat publik seperti toko, untuk menunjukkan detail harga ataupun barang. Selain itu NFC Tag juga bisa digunakan untuk menandai lokasi tertentu. Hal tersebut karena NFC juga mendukung fitur tagging lokasi yang canggih, yaitu LBS ( Location Based Service )

Kelebihan dan Kekurangan NFC

Dari semua manfaat yang bisa dinikmati oleh fitur NFC, membuat NFC menjadi media bertukar data secara cepat dan lebih praktis. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk tersambung satu sama lain.

Namun NFC juga memiliki kekurangan yakni kecepatan dalam transfer file lebih lambat dibandingkan dengan Bluetooth. Selain itu ponsel saat ini belum semuanya mendukung fitur NFC.

Fitur NFC sebenarnya bisa sangat memudahkan kegiatan sehari-hari, namun di Indonesia sendiri belum begitu populer. Itulah sedikit Manfaat NFC Pada Smartphone yang berhasil SimakTekno rangkum. Tertarik untuk memiliki ponsel yang dilengkapi NFC ?