Cara Mengatasi Ghost Touch Android

Bagaiman Cara Mengatasi Ghost Touch Android ? Bagi pengguna ponsel Android mungkin ada yang pernah mendengar istilah Ghost Touch.

Cara Mengatasi Ghost Touch Android

Ya, istilah tersebut merupakan ungkapan ketidaknyamanan pada smartphone yang suka menyentuh layar tanpa disentuh penggunanya. Masalah bug di layar smartphone Android biasanya bekerja dengan sendirinya. Saat kita chatting, browsing atau melakukan hal lain di smartphone Android, tapi tiba-tiba layarnya bergerak dengan sendirinya.

Nah, bagi yang mengalami masalah ini, tidak perlu khawatir atau terburu-buru untuk membawa smartphone Android ke service center. Karena dengan mengikuti tutorial cara mengatasi ghost touch pada artikel ini, pengguna bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

Penyebab Ghost Touch di Android

Ghost Touch atau layar smartphone Android bergerak sendiri, masalah ini tidak akan muncul begitu saja. HAl ini berarti ada alasan mengapa Ghost Touch muncul di smartphone Android dan biasanya disebabkan oleh masalah perangkat smartphone Android.

Tips Mengatasi Ghost Touch di Smartphone Android

Berikut ini SimakTekno berikan beberapa tips cara mudah mengatasi ghost touch di Android.

  • Layar Hp Terlalu panas

Penggunaan smartphone yang berlebihan selama berjam-jam akan menyebabkan layar smartphone menjadi panas. Layar ponsel yang terlalu panas adalah salah satu penyebab munculnya ghost touch pada layar smartphone Android.

Oleh karena itu sebaiknya atur penggunaan smartphone jangan terlalu lama, dan jika layar smartphone terlalu panas, silahkan biarkan selama beberapa menit hingga suhu smartphone kembali normal. Selain itu, pengguna dapat mencoba metode lain untuk menambahkan tembaga di dalam casing smartphone Android. Untuk dapat mengurangi panas yang dihasilkan di smartphone Android saat digunakan dalam waktu lama.

  • Membersihkan Layar Hp

Cara paling umum untuk mengatasi Ghost Touch adalah dengan membersihkan layar HP.

Simak juga :  Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Chat

Seperti yang kita ketahui bersama, layar sentuh pada smartphone seringkali sensitif terhadap debu.
Sebagai contohnya, jika terkena percikan air ke layar, layar langsung menciptakan ghost touch yang biasanya tidak kita inginkan.

Nah untuk membersihkannya, pengguna bisa menggunakan alat khusus untuk layar smartphone yang tidak terlalu berserat.

  • Isi Daya Ponsel

Metode selanjutnya adalah mengisi daya ponsel yang dapat dilakukan untuk menghilangkan ghost touch.

Langkah ini bisa menjadi solusi karena biasanya ghost touch terjadi setelah smartphone dipaksa bekerja dalam waktu yang lama. Selain itu, biasanya ponsel menjadi “lelah” dan saat baterai hampir habis maka ghost touch bisa muncul. Jadi mencoba mengisi daya ponsel bisa menjadi langkah praktis.

  • Restart Hp

Hal selanjutnya yang dapat pengguna lakukan untuk menghilangkan ghost touch di ponsel Android adalah dengan me-restart smartphone.

Diasumsikan bahwa dengan me-restart ponsel, beban penggunaan dari penggunaan smartphone akan dihilangkan. Cara ini juga memungkinkan untuk mereset kinerja internal smartphone ke titik awal saat ponsel tidak menggunakannya.

  • Atur Kembali Kalibrasi Layar Hp

Cara mengatasi Ghost Touch di layar smartphone Android selanjutnya adalah dengan mengatur ulang kalibrasi layar.

Untuk cara mengkalibrasi ulang layar ponsel Android, pengguna dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi bernama “Kalibrasi Layar Sentuh”. Silakan instal aplikasi “Kalibrasi Layar Sentuh” ​​di Google Play Store, lalu ikuti petunjuk di aplikasi agar kalibrasi berhasil. Sekarang jika proses kalibrasi berhasil, aplikasi akan menampilkan nilai kalibrasi. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada smartphone yang sudah di-rooting.

  • Bersihkan RAM

RAM yang terlalu penuh juga bisa menjadi penyebab terjadinya ghost touch di hp android. Untuk mengatasinya pengguna bisa memberikan ruang yang lebih banyak di RAM dengan menghapus beberapa data yang tidak dibutuhkan lagi.

  • Service Layar

Ghost touch pada layar smartphone Android dapat menyebabkan kerusakan layar atau LCD. Dalam hal ini, layar smartphone dapat rusak karena terkena air yang masuk ke dalam perangkat komponen.

Simak juga :  2 Cara Cek Garansi Samsung Secara Online Mudah, Cepat dan Akurat

Nah jika kejadian ini terjadi pada smartphone Android, yang harus dilakukan adalah segera mengganti layar atau LCD smartphone Android. Hal ini dilakukan karena air yang masuk ke layar LCD tidak sampai dan membahayakan perangkat lain yang dapat menyebabkan kerusakan fatal pada smartphone Android.

Demikianlah beberapa tips Cara Mengatasi Ghost Touch Android dengan mudah yang bisa dilakukan sendiri. Semoga bermanfaat!