Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh – WhatsApp memang saat ini sudah sangat populer digunakan pengguna gadget baik android, ios atau pengguna Windows untuk berkirim pesan dengan mudah.

Selain karena ringan digunakan, WhatsApp juga memiliki fitur-fitur menarik seperti status, stiker, bisa berbagi lokasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak hanya digunakan oleh kalangan biasa saja, WhatsApp juga banyak digunakan oleh para pebisnis. Oleh karena itu keamanan data dan privasi WhatsApp sangat penting dan harus dijaga agar tidak disadap oleh orang lain.

Nah bagi kamu yang belum tahu cara mengetahui WhatsApp disadap atau tidak, maka pada tips android kali ini SimakTekno akan memberikan informasi yang bisa kamu ketahui.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Berikut ini beberapa ciri akun WhatsApp kita dikloning atau dibajak yang diketahui.

Otomatis Keluar dari Akun WhatsApp Sendiri

Seperti kita ketahui, aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan pada dua HP atau lebih secara bersamaan dengan nomor yang sama. Pada saat kita login ke WA dengan nomor HP, maka sistem akan secara otomatis mengirimkan SMS kode verifikasi ke nomor ponsel tersebut.

Nah jika kamu tiba-tiba mendapatkan SMS kode OTP untuk verifikasi WhatsApp, padahal kamu tidak login di HP baru. Maka kemungkinan besar nomor WhatsApp kamu ada yang sedang berusaha membajaknya.

Chat Sudah Terbaca

Pada aplikasi WhatsApp terdapat beberapa tanda “ceklist” di setiap pesan yang dikirimkan. Biasanya pesan WhatsApp yang sudah dibaca akan ditandai dengan tanda dua centang biru.

Tanda centang biru ini memang bisa diaktifkan atau tidak diaktifkan oleh pengguna itu sendiri. Akan tetapi jika kamu melihat chat yang sudah bertanda centang biru, padahal kamu belum pernah membacanya. Bisa jadi akun WhatsApp kamu sudah dibuka oleh orang lain dalam hal ini sudah dikloning.

WhatsApp yang sudah dikloning juga kadang-kadang mengirimkan pesan sendiri tanpa sepengetahuan pemiliknya. Jadi jika kamu mengalami kejadian seperti ini, pastikan periksa log perangkat yang sudah kamu gunakan untuk login WhatsApp.

Selain itu bisa juga diketahui jika status WA kamu sedang online, padahal kamu sendiri tidak sedang membuka WhatsApp baik di ponsel atau di WhatsApp Web.

Mencari Log Perangkat Tidak Dikenal

Salah satu cara mengetahui WhatsApp sudah disadap atau digunakan diperangkat lain yaitu dengan memeriksa log devices. Silahkan kamu buka aplikasi WhatsApp di ponsel, kemudian masuk ke menu titik tidak yang ada dipojok kanan atas.

Kemudian pilih opsi WhatsApp Web, maka akan tampil daftar perangkat yang sudah pernah login ke akun WhatsApp kamu. Silahkan periksa dan hapus jika menemukan perangkat yang tidak kenal.

Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap

Ada beberapa tips cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap. Beriktu informasi yang bisa kamu simak.

Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Pada saat fitur Two-Step Verification aktif, maka pengguna harus melakukan verifikasi melalui nomor HP dan juga dengan menggunakan PIN yang sudah pernah dibuat sebelumnya.

Instal Aplikasi WhatsLock

Cara mengamankan aplikasi WhatsApp dari tangan orang jahil bisa juga mengunci aplikasi. Salah satu aplikasi pengunci WhatsApp yang cukup populer adalah WhatsLock.

Selain bisa digunakan untuk mengunci aplikasi WhatsApp dengan sandi yang rumit. WhatsLock juga bisa digunakan untuk melindungi aplikasi lain seperti Galeri, Kontak, Pesan, Facebook, Instagram dan lainnya.