Fitur Baru WhatsApp Picture-in-Picture

Fitur Baru WhatsApp Picture-in-Picture

Salah satu aplikasi chatting paling populer saat ini yaitu WhatsApp tengah mencoba fitur baru mereka, yakni picture-in-picture versi baru. Fitur ini semakin mempermudah penggunanya untuk melihat tautan video tanpa meninggalkan percakapan. Namun apa sebenarnya fitur baru WhatsApp picture-in-picture ini ?

Fitur Baru WhatsApp Picture-in-Picture

Picture in Picture di WhatsApp

Sebelum ini, WhatsApp telah meluncurkan salah satu fitur terbaru mereka yaitu fitur pesan sementara. Fitur pesan sementara ini memungkinkan pengguna mengerimkan pesan yang akan hilang otomatis jika pengguna mengaktifkan fitur ini. Setelah sukses dengan fitur tersebut, kini WhatsApp kembali menguji coba fitur pictur in picture (PiP) versi terbaru pada WhatsAppBeta.

Pada uji coba ini WhatsApp menambahkan bilah kontrol baru ke pemutar video. Bilah kontrol ini terletak di bagian bawah video dengan menampilkan beberapa tombol seperti tombol jeda, layar penuh, dan tombol tutup. Pada desain sebelumnya tombol-tombol tersebut berada di dalam video, dan dirasa menghalangi pengguna saat melihat video.

Dengan fitur picture in picture ini pengguna bisa menonton tautan video dari Youtube, Instagram, dan Facebook tanpa meninggalkan halaman obrolan.

Namun untuk saat ini fitur picture in picture versi terbaru hanya tersedia pada WhatsAppBeta versi 2.21.22.3. Sehingga pengguna yang ingin menikmati fitur ini harus melakukan pembaruan pada aplikasi tersebut.

Selain fitur-fitur yang sudah dirilis di atas, WhatsApp juga tengah menyiapkan berbagai fitur baru lainnya. Diantaranya fitur Collections.

Apa itu fitur Collections WhatsApp ?

Fitur Collections pada WhatsApp ini nantinya akan memudahkan pengguna untuk berbelanja dari platfrom perpesanan berdasarkan kategori. Pada fitur ini memudahkan pengguna akun bisnis dalam menyusun produk-produknya ke dalam katalog.

Bagi pemilik akun bisnis, bisa mulai membuat katalog dengan langkah berikut ini :

  • Pertama, Klik titik tiga pada pojok kanan atas >> Alat Bisnis
  • Kedua, Klik katalog, kemudian tambah koleksi baru.
Simak juga :  Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

Fitur ini sebenarnya sudah dirilis sejak 2019. Namun untuk memudahkan pengguna WhatsApp sedang berupaya untuk meningkatkan fitur tersebut.

Bagaimana mengaktifkan fitur Picture-in-Picture ?

Untuk mengaktifkan fitur ini tidak ada cara khusus, pengguna hanya tinggal mengetuk tautan video yang dikirim dari pihak ketiga. Dan fitur tersebut akan diaktifkan secara otomatis. Namun jika mode picture in picture gagal, pengguna bisa melakukan cara berikut ini :

  • Bersihkan Cache : caranya masuk ke pengaturan >> Aplikasi >> Manajer Aplikasi >> WhatsApp >> Penyimpanan >> Bersihkan Cache.

Baca Juga : 5 Fitur Baru WhatsApp

Demikianlah penjelasan singkat dari SimakTekno mengenai Fitur Baru WhatsApp Picture-in-Picture. Jika ingin menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi yang terbaru.