Penyebab Speaker Laptop Kresek dan Cara Mengatasinya

Apa saja Penyebab Speaker Laptop Kresek dan Cara Mengatasinya. Salah satu masalah paling umum dengan speaker laptop adalah suaranya yang pecah. Apalagi jika volumenya penuh.

Penyebab Speaker Laptop Kresek dan Cara Mengatasinya

Speaker laptop kresek/pecah adalah aktivitas yang sangat mengganggu untuk beberapa aktivitas misalnya saat bekerja atau menonton film. Speaker merupakan perangkat yang memiliki fungsi penting. Karena itu, pengguna perlu memperbaiki masalah ini.

Jika demikian, apakah mungkin untuk memperbaiki speaker laptop? Jawabannya adalah ya, SimakTekno akan membahasnya di artikel ini.

Masalah speaker laptop tidak hanya disebabkan oleh perangkat keras yang bermasalah, tetapi masalah perangkat lunak juga dapat terjadi. Untuk melakukan ini, pertama-tama pengguna harus mencari tahu masalah apa yang sedang di alami oleh speaker laptop tersebut.

Penyebab Speaker Laptop Kresek/pecah

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan speaker laptop kresek. Setelah mengetahui penyebabnya, pengguna dapat mengatasi speaker laptop yang kresek dalam waktu singkat.

Sering Menggunakan volume yang sangat keras

Alasan pertama speaker laptop berisik adalah mereka sering menggunakan volume speaker yang keras dan terlalu lama. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna tidak menggunakan volume speaker terlalu kencang saat mendengarkan musik atau menonton film.

Speaker tertutup debu atau kotoran

Alasan lain untuk speaker laptop kresek adalah banyaknya debu di sekitar speaker. Terlalu banyak debu atau kotoran lainnya menurunkan kualitas suara. Oleh karena itu, bersihkan secara rutin dengan kain bersih atau kapas.

Benturan Pada Speaker

Jika terjadi benturan dengan laptop. Seperti jika terjatuh, bagian yang terkena benturan adalah speaker. Jika komponen speaker berubah, bukan tidak mungkin speaker akan mati atau bahkan speaker laptop berhenti bekerja.

Cabut earphone atau speaker eksternal terlalu sering

Alasan lain mengapa speaker laptop gagal adalah terlalu sering mencolokkan dan mencabut jack earphone. Hal ini dapat menyebabkan speaker berhenti karena korsleting pada konektor audio.

Simak juga :  Cara Membuat Label Nama Undangan Dengan MS Word 2007

Masalah Dengan Driver Audio Laptop

Alasan lainnya adalah masalah pada driver suara laptop, sehingga suara yang dihasilkan tidak seperti yang seharusnya. Ini bisa jadi karena kesalahan dalam proses instalasi atau file yang rusak.

Cara Mengatasi Speaker Laptop Kresek/pecah

Speaker laptop yang rusak akan menyebabkan suara menjadi sedikit teredam bahkan menghilangkan suara sama sekali. Berikut ini beberapa alternatif untuk mengatasinya :

Bersihkan saluran speaker

Cara memperbaiki speaker laptop yang rusak pertama adalah dengan membersihkan salurannya. Speaker dengan saluran yang diblokir akan terdengar lemah dan bahkan terputus. Untuk melakukan ini, pengguna harus terlebih dahulu membongkar speaker.

Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh debu atau kotoran pada saluran speaker. Pengguna dapat melakukan ini dengan menggunakan kain, sikat kecil atau tisu.

Cara Mengatasi Speaker Laptop Kresek Melalui Control Panel

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Tekan menu Start dan kemudian pergi ke Control Panel.
  2. Pilih Perangkat Keras dan Suara, lalu klik Suara.
  3. Pilih menu speaker, klik kanan, lalu klik Properties.
  4. Pada tab Aksesoris, pilih opsi Nonaktifkan semua efek suara.
  5. Klik Oke, selesai.

Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Kresek melalui Open Volume Mixer

Untuk memperbaiki speaker laptop Windows 10 kresek dari open volume mixer, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, klik kanan ikon volume pada taskbar, lalu pilih Open Volume Mixer.
  2. Kemudian pilih Speaker/Headphone.
  3. Buka tab “Level” dan kemudian Matikan suara speaker yang terdistorsi di menu “Balance”. Jika speaker kiri laptop rusak, kecilkan atau kecilkan volume di speaker kiri. Dan sebaliknya.
  4. Untuk melakukan penyesuaian atau pengaturan efek suara, klik Win + I dan masuk ke Personalization, pilih menu Themes dan masuk ke menu Sound. Atau pengguna juga dapat mengakses menu Suara dari taksbar dengan mengklik kanan ikon Suara dan memilih Suara.
  5. Saat jendela pengaturan suara muncul, buka tab Suara, lalu opsi Skema Suara, pilih Windows default, dan klik
  6. OK setelah selesai.
Simak juga :  Cara Membuka Task Manager di Windows 7,8,10

Instal Ulang Driver

Cara selanjutnya untuk memperbaiki speaker laptop adalah dengan menginstal ulang driver suara di laptop. Cara ini lebih mudah karena tidak perlu membongkar laptop untuk mengecek kondisi fisik speaker yang bermasalah.

Caranya adalah: Identifikasi saja seri laptopnya lalu cari file driver audio laptopnya di website resmi vendor laptop yang di gunakan.

Setelah itu, pengguna hanya perlu meng-uninstall driver dari laptop yang di gunakan dan kemudian menginstalnya kembali menggunakan file yang sudah download.

Cara memperbaiki speaker laptop windows Kresek dengan menu Taksbar

Pernahkah menemukan bahwa speaker laptop rusak? Coba ubah pengaturan speaker di menu taksbar. Lihat tutorial singkat di bawah ini:

  1. Klik kanan ikon suara di taksbar.
  2. Aktifkan opsi Suara.
  3. Pengguna akan dibawa ke jendela pengaturan Sound, klik pada tab playbak, lalu klik kanan pada menu speaker dan kemudian pilih properti.
  4. Periksa tab enhancements dan pilih Disable all sounds effect.
  5. Berikutnya Oke.

Pergi ke Servis Laptop

Jika pengguna belum menemukan solusi yang tepat untuk masalah speaker laptop, perangkat keras speaker mungkin rusak. Karena perangkat keras speaker berisi bagian-bagian yang kompleks dan perlu ditangani oleh seorang profesional, pengguna harus membawanya ke pusat layanan yang andal.

Menggunakan Speaker Eksternal

Jika speaker laptop rusak atau bahkan hilang, gunakan saja speaker eksternal yang lebih berkualitas. Misalnya, jika memiliki laptop Asus tanpa suara, pengguna dapat menggantinya dengan speaker eksternal yang lebih bertenaga.

Pengguna dapat memilih merek seperti Simbada, Edifier atau JBL untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi. Selain itu juga bisa menggunakan earphone atau headphone jika ingin berpergian dengan membawa laptop tersebut.

Itulah Penyebab Speaker Laptop Kresek dan Cara Mengatasinya. Selain cara di atas, pengguna juga bisa menggunakan speaker eksternal yang bisa di beli dari toko laptop atau komputer.

Simak juga :  Perangkat Untuk Konten Kreator Wajib Dimiliki

Tips Menjaga Speaker Laptop Tidak Cepat Rusak

Pengguna dapat mencegah speaker laptop agar tidak cepat rusak dengan menggunakan tips berikut:

  • Jangan gunakan volume terlalu tinggi. Jika output suara yang dihasilkan terlalu rendah, pengguna bisa memaksimalkan suara.
  • Jauhkan benda-benda yang mengandung magnet dari speaker laptop. Seperti yang kita ketahui, speaker ini memiliki komponen magnetik di sekitarnya. Pengguna harus menghindari benda-benda magnetik ini untuk menghindari masalah.
  • Melindungi lubang speaker dari debu. Debu yang menumpuk dapat meredam suara speaker sehingga menyebabkan suara menjadi teredam atau bahkan terdistorsi. Oleh karena itu, jangan letakkan laptop di tempat yang banyak debunya.
  • Jauhkan laptop dari radiasi sinyal ponsel. Radiasi ponsel dapat menyebabkan speaker laptop berdengung, terutama saat melakukan panggilan atau mengirim pesan.
  • Hindari mengguncang laptop. Salah satu bagian dari laptop yang bisa rusak akibat benturan adalah speaker. Ini biasanya terjadi karena kabel speaker longgar atau salah tempat.

Demikianlah Penyebab Speaker Laptop Kresek dan Cara Mengatasinya yang berhasil SimakTekno rangkum. Namun, jika bisa mencoba memperbaikinya sendiri, ada beberapa cara untuk memperbaiki speaker laptop di atas yang bisa dicoba. Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Freeze.