Cara Mudah Mengatasi Laptop Freeze

Ini dia Cara Mudah Mengatasi Laptop Freeze atau Hang. -Ada beragam masalah yang bisa muncul bagi pengguna PC atau laptop seperti mati total, lag, laptop ngehang atau freeze. Komputer atau laptop yang sering digunakan menjalankan program yang terlalu berat atau bahkan sudah berumur memang lebih rentan terkena masalah.

Cara Mudah Mengatasi Laptop Freeze

Salah satu masalah yang sering dialami bagi pengguna perangkat tersebut yaitu ngehang. Kondisi freeze pada laptop atau komputer yaitu saat layar tidak bergerak sama sekali. Dan masalah ini kerap muncul saat pengguna sedang beraktivitas menggunakan perangkat tersebut.

Hal itu terkadang membuat pekerjaan atau kegiatan menjadi terganggu. Supaya kegiatan berjalan kembali, ada baiknya pengguna mengetahui cara yang mudah untuk mengatasi laptop atau komputer yang freeze.

Penyebab Laptop Freeze atau Hang

Sebelum menelisik bagaimana cara untuk mengatasi komputer yang ngehang, pengguna cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan perangkat tersebut menjadi tidak berfungsi.

Memori Penuh

Penyebab yang sering ditemui saat laptop atau komputer sering ngehang yaitu memori yang terlalu penuh. Jika kapasitas RAM kecil dan dipaksa menjalankan program yang berat komputer akan lemot dan membuat hang. Bahkan jika diteruskan bisa merusak motherboard laptop.

Hardisk Bermasalah

Hardisk berfungsi untuk menyimpan semua data pengguna. Bentuk dari hardisk tipe lama masih menggunakan piringan baja, jika kondisi piringan baja tersebut lecet. Maka kemampuan dalam membaca program akan berkurang.

Banyak Program yang Berjalan

Program yang terlalu banyak tersimpan di RAM juga bisa membuat kapasitas memori menjadi penuh. Terkadang ada program yang tidak digunakan namun berjalan di latar belakang, seperti antivirus. Sehingga membuat laptop atau komputer menjadi lelet dan ngehang.

Simak juga :  Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka

Terdapat Virus

Virus, malware, atau sejenisnya juga menjadi penyebab utama laptop ngehang. Keberadaan virus bisa membuat banyak program berjalan sendiri dan bahkan sampai menghilangkan file.

Corrupt di Sistem File

System file merupakan sebuah tempat dimana semua file yang mendukung program berkumpul. Jika didalam folder tersebut terdapat beberapa file yang corrupt bisa membuat program ngehang.

Tips Mengatasi Laptop Hang / Freeze

Setelah mengetahui penyebab yang bisa membuat laptop ngehang atau freeze. Berikut ini SimakTekno berikan beberapa tips untuk mengatasinya

Mengurangi Aplikasi

Hal pertama yang bisa dilakukan saat laptop mulai lemot yaitu mengurangi aplikasi yang ada di dalamnya. Dengan mengurangi aplikasi yang terpasang, maka memberikan ruang lebih ke RAM untuk menjalankan program lebih lancar.

Upgrade RAM

RAM yang sudah penuh penyebab laptop sering freeze, agar terhindar dari masalah tersebut, pengguna bisa melakukan upgrade RAM ke kapasitas yang lebih besar.

Hapus BIOS Cache

Langkah ini cukup efektif untuk mengatasi laptop yang lemot. Caranya cukup mudah

  • Pertama, jika sudah hang / tidak bergerak sama sekali lakukan ‘Restart laptop‘ dengan menekan dan menahan tombol power sampai laptop mati
  • Kedua, nyalakan kembali dan masuk ke ‘BIOS‘ caranya bisa dengan menekan F12, F11, F8, F2
  • Ketiga, setelah masuk BIOS pilih menu ‘Advanced BIOS Features‘ kemudian cari ‘BIOS Cache‘ dan pilih ‘Disable
  • Keempat, tekan ‘Enter‘ dan nyalakan kembali laptop

End Task Window

Jika mengalami program yang ‘Not Responding‘ ini masih bisa dibilang hang yang ringan. Untuk mengatasi laptop yang Not responding yaitu

  • Pertama, tekan Shift + Ctrl + Esc atau Ctrl + Alt + Del
  • Kedua, dalam dialog Task Manager tekan ‘End Task‘ pada program yang not responding
Simak juga :  Fitur-Fitur Baru Pada Windows 11

Jika sudah maka laptop akan berjalan normal kembali. Namun jika masih hang, ada kemungkinan penyebabnya ada pada program yang rusak atau laptop tidak kuat. Dan segera hentikan sebelum rusak lebih dalam.

Pasang Antivirus

Virus yang masuk ke dalam program juga penyebab laptop menjadi ngehang. Untuk mengatasi hang yang disebabakan oleh virus yang masuk, pengguna bisa memasang antivirus yang sudah tersedia banyak di Store.

Periksa Kipas Laptop

Penyebab lain dari laptop yang sering freeze yaitu laptop overheat atau panas. Keadaan tersebut bisa disebabkan oleh kipas laptop yang kotor. Untuk mengatasinya, pengguna bisa membersihkan bagian kipas laptop. Caranya yaitu dengan membongkar laptop kemudian bersihkan kipas laptop dengan menggunakan kompresor angin.

Laptop merupakan perangkat yang penting untuk melancarkan pekerjaan sehari-hari. Untuk itu merawat laptop yang baik dan benar bisa memanjangkan umur laptop tersebut. Selain itu juga menghindari dari permasalahan yang mungkin bisa terjadi.

Baca juga : Cara Menghapus File Sampah di Laptop

Itulah Cara Mudah Mengatasi Laptop Freeze atau hang yang bisa pengguna lakukan sendiri. Selamat mencoba